Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kembangkan Rumah Rendah Emisi, BTN Dapat Pembiayaan hingga 100 Juta Euro dari Perancis

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yang diwakili oleh Direktur Finance, Planning and Treasury Bank BTN, Nixon L.P. Napitupulu dan AFD Country Director Emmanuel Baudran pada akhir November 2020 lalu.

Nixon mengatakan, perjanjian ini merupakan rencana kerja sama kedua institusi dalam mengembangkan proyek terutama terkait dengan penanganan perubahan iklim.

“Bank BTN sedang melakukan penjajakan untuk memperoleh pembiayaan jangka panjang di bidang properti khususnya green financing," kata Nixon dalam siaran pers, Senin (21/12/2020).

Dalam rencana tersebut, kedua institusi akan mempelajari penggunaan konsep Perumahan Smart City guna memberikan nilai tambah pada kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan. 

Nixon bilang, BTN ingin berkontribusi pada pembiayaan properti ramah lingkungan yang masih terjangkau untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Begitu juga mendukung upaya pemerintah dalam Kebijakan Energi Nasional yang menetapkan pengurangan intensitas energi sebesar 17 persen hingga tahun 2025.

"Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi backlog perumahan di Indonesia," ucap Nixon.

Adapun saat ini, AFD dan Bank BTN telah berdiskusi mengenai struktur pinjaman, proyek properti yang akan dibiayai melalui funding dari AFD, dan potensi pembiayaan sampai dengan 100 juta euro.

Pembiayaan dari AFD akan digunakan untuk membiayai proyek perumahan dengan konsep green financing di Indonesia. Namun, dengan harga yang masih terjangkau bagi kalangan MBR.

https://money.kompas.com/read/2020/12/21/124100226/kembangkan-rumah-rendah-emisi-btn-dapat-pembiayaan-hingga-100-juta-euro-dari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke