Salin Artikel

Pengusaha Berharap 6 Menteri Baru Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, dari 6 menteri baru yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), beberapa diantaranya berlatar belakang profesional, sehingga dunia usaha merespons positif perombakan tersebut.

"Dunia usaha mengapresiasi Pak Presiden memilih menteri dari kalangan profesional yang direspon sangat positif oleh pasar, karena figur-figur menteri ini sudah dikenal pasar dan pelaku usaha, sehingga memiliki rasa optimisme untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ujar Sarman dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Ia menyebutkan, Muhammad Lutfi yang ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan sudah cukup memiliki pengalaman di bidang perdagangan dan investasi. Sebab pernah menjabat sebagai Mendag dan Kepala BKPM di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurutnya, kepemimpinan Lutfi terdahulu telah berhasil mengendalikan harga pangan saat Lebaran, yang secara musiman umumnya selalu alami kenaikan. Diharapkan kini Lutfi bisa kembali mengendalikan harga pangan, dengan mendorong sinergi antar Kemendag dan Kementan.

"Selain itu diharapkan dapat meningkatkan pasar ekspor, meningkatkan pemakaian produk dalam negeri, mengurangi ketergantungan impor, membuat pelayanan izin ekspor dan impor yang lebih baik, serta merevitalisasi pasar rakyat," ungkap Sarman.

Kemudian Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang merupakan pengusaha dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, diharapkan mampu menyusun strategi industri pariwisata di tengah pandemi dan paska pandemi.

Dengan demikian, arus wisatawan asing ke depannya dapat mencapai target untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata. Serta diharapkan mampu mengangkat UMKM dari sisi industri kreatif.

Sementara Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, dengan berlatar belakang pengusaha, Wakil Menteri BUMN, dan pernah menjadi petinggi disejumlah perusahaan pelat merah, diharapkan bisa melakukan berbagai terobosan dan strategi mengendalikan pandemi Covid-19.

Termasuk dalam hal program vaksinasi yang akan dimulai tahun depan diharapkan dapat dipersiapkan secara cermat dan profesional dengan koordinasi lintas kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah. Sehingga bisa segera mengakhir pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pun diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan publik, khususnya berbagai kebijakan dan regulasi yang dipandang merugikan nelayan.

Dua menteri lainnya, yaitu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial diharapkan dapat melakukan gebrakan baru dalam memberikan pelayanan dan bantuan sosial yang adil, dan Yahya Cholil Staquf sebagai Menteri Agama, diharapkan memiliki kebijakan yang baik dalam pelayanan keagamaan serta mengarahkan kerukunan umat beragama.

Sarman mengatakan, tantangan ekonomi di tahun depan masih sangat berat, dengan angka pertumbuhan ekonomi yang saat ini masih minus maka dibutuhkan strategi jitu untuk memulihkannya.

Dengan adanya wajah baru di Kabinet Indonesia Maju, diharapkan mampu berkolaborasi antar kementerian terkait untuk menyusun berbagai program, baik dari sisi kebijakan dan regulasi.

"Serta membuat terobosan dan strategi menghadapi pandemi Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan yang positif," pungkas Sarman.

https://money.kompas.com/read/2020/12/22/223000926/pengusaha-berharap-6-menteri-baru-bisa-percepat-pemulihan-ekonomi

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.