Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Baru di Ruas Tol Surabaya-Jakarta, Ini Lokasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) kembali menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Kali ini, PLN menambah 4 SPKLU yang semuanya berada di ruas tol Surabaya - Jakarta.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan, operasional keempat SPKLU tersebut merupakan hasil kerja sama dengan BUMN operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero).

Pengadaan SPKLU tersebut merupakan upaya PLN untuk memfasilitasi pengendara mobil listrik yang melintas di ruas jalan tol.

"Fasilitas SPKLU di 4 titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," kata Bob dalam keterangan tertulis, Kamis (24/12/2020).

Lebih lanjut, Bob menjabarkan, 4 SPKLU tersrbut berada di Rest Area Km 207 A Palikanci, Rest Area 379 Batang, dan Rest Area Km 519 A/B Sragen.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," tutur dia.

Keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik selalu menjadi kendala penggunaan mobil listrik saat ini.

Sehingga kebanyakan mobil listrik hanya dipakai di dalam kota saja.

Dengan adanya 4 SPKLU baru di jalan tol Trans Jawa, maka akan lebih memudahkan orang berpergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik.

Bob menilai, operasional SPKLU itu juga merupakan bagian dari rangkaian persiapan sarana pendukung untuk pengembangan KBLBB.

Sebagaimana diketahui, KBLBB merupakan salah satu program utama pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM.

Hingga 2025 mendatang, PLN berencana akan membangun 2.400 SPKLU.

https://money.kompas.com/read/2020/12/24/175227226/ada-4-stasiun-pengisian-kendaraan-listrik-umum-baru-di-ruas-tol-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke