Salin Artikel

Sebelum Bupati Boltim Protes, OJK Tak Setujui Esta Dana Salurkan BLT UMKM

Larangan tersebut tercantum dalam Surat Nomor S-2692/NB.221/2020 tanggal 16 November 2020 mengenai Tanggapan atas Permintaan Rekomendasi Pengusul Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK, Muhammad Ichsanuddin mengatakan, Esta Dana Ventura adalah perusahaan ventura yang tidak termasuk sebagai salah satu pengusul BLT UMKM sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2020.

"OJK telah melakukan asesmen atas permohonan EDV kepada Kemenkop, di mana hasilnya tidak memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Permenkop No 6/2020," kata Ichsanuddin kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Dalam Permenkop UKM Nomor 6 Tahun 2020, yang bisa menjadi pengusul BLT UMKM meliputi dinas yang membidangi koperasi dan UMKM, koperasi yang telah disahkan oleh badan hukum, Kementerian/Lembaga, perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK, serta lembaga penyalur program kredit pemerintah terdiri dari BUMN dan BLU.

Atas kejadian komersialisasi BLT UMKM usai viralnya video Bupati Bolaang Mangondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar, OJK segera melakukan koordinasi dengan kementerian terkait.

Ichsanuddin bilang, pihaknya pun akan meminta klarifikasi Esta Dana Ventura untuk melakukan pendalaman lebih lanjut.

"(Kami akan) klarifikasi kepada EDP untuk melakukan pendalaman dan mengambil langkah supervisory action sesuai peraturan yang berlaku. Jangan langsung memvonis pelanggaran, nanti dunia bisa kacau. Kita mesti bijak menyikapi suatu kejadian," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, viral video yang memperlihatkan Bupati Bolaang Mangondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar marah-marah mengenai penyaluran BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta di daerahnya.

Dia heran mengapa Kementerian Koperasi dan UMKM tidak menunjuk Pemda dalam penyaluran BLT. Pengusulan BLT justru dilakukan oleh salah satu perusahaan modal ventura, PT Esta Dana Ventura, untuk para peminjamnya.

Sayangnya, pinjaman di PT Esta Dana Ventura berbunga tinggi. Uang BLT UMKM senilai Rp 2,4 juta yang seharusnya digunakan untuk menghidupkan ekonomi, nyatanya tak cukup membayar bunga para peminjam.

https://money.kompas.com/read/2020/12/28/183620026/sebelum-bupati-boltim-protes-ojk-tak-setujui-esta-dana-salurkan-blt-umkm

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.