Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Naikkan Tarif Impor Wine hingga Suku Cadang Pesawat Asal Uni Eropa

Dilansir dari CNBC, Kamis (31/1/2020) kebijakan tersebut diambil di tengah sengketa Uni Eropa dan Amerika Serikat terkait subsidi penerbangan sipil yang melibatkan produsen pesawat Eropa Airbus dan pesaingnya yang berbasis di Amerika Serikat, Boeing.

Dalam keterangan tertulisnya, Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (US Trade Representative/USTR) menyatakan bakal menaikkan tarif impor untuk beragam perangkat manufaktur pesawat dan beberapa jenis anggur tertentu serta minuman cognac serta brendi dari Prancis dan Jerman.

Namun demikian, pihak USTR tidak mengatakan kapan tarif baru tersebut bakal berlaku dan menambahkan detil mengenai kebijakan tersebut bakal dirilis dalam waktu dekat.


USTR menilai, pihak Uni Eropa telah melakukan perhitungan secara tidak adil untuk memberlakukan tarif terhadap Amerika Serikat. Penetapan tarif terhadap AS pun diizinkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang menengahi permasalahan tersebut pada September lalu.

"Uni Eropa perlu untuk melakukan beberapa perhitungan untuk mengompensasi ketidakadilan ini," jelas USTR.

Adapun pihak Perwakilan Perdagangan dari Uni Eropa tidak segera memberikan respon terkait kebijakan AS tersebut.

https://money.kompas.com/read/2020/12/31/113000226/as-naikkan-tarif-impor-wine-hingga-suku-cadang-pesawat-asal-uni-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke