Salin Artikel

4 Cara Menciptakan Sumber Penghasilan di Tahun 2021

Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie mengatakan, jika masalah keuangan Anda terletak pada biaya pengeluaran lebih banyak daripada cash flow, maka hal yang perlu diperhatikan adalah menambah sumber pendapatan lainnya.

"Kita tidak akan bisa bergantung terus menerus dengan dana darurat. Harus ada cash flow atau pendapatan lain dan mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus melakukan sesuatu untuk menciptakan cash flow yang baru," ujarnya dalam siaran video YouTube bertajuk Wajib Tonton! Tips Keuangan Tahun 2021, Sabtu (2/1/2021).

Prita pun membeberkan ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan cash flow atau membuka keran penghasilan dengan 4E.

"4E itu terdiri dari easy, excellent, earning, dan enjoy," ucapnya.

Lebih detail dia menjelaskan, untuk cara yang pertama yaitu easy alias mudah, dia menyebutkan, tidak perlu lagi menyusahkan diri sendiri dengan mencari sertifikasi yang membutuhkan banyak biaya. Tteapi kerjakanlah apa yang bisa dilakukan.

Cara yang kedua adalah excellent atau hebat adalah melakukan apa yang sudah dikuasai dengan alat dan bahan yang ada di rumah, sehingga produk yang dibuat pun bisa dipasarkan.

"Ketiga yaitu earning atau pendapatan. Banyak orang yang meski berbisnis dari rumah, tetapi tidak melakukan perhitungan, sehingga bisnisnya pun malah tidak menghasilkan dan pada akhirnya tidak menciptakan cash flow,"katanya.

Lalu yang keempat adalah enjoy atau nikmati. Prita mengatakan, semua hal yang dilakukan pun harus dengan rasa enjoy, jangan sampai karena perubahan situasi dari bekerja di perusahaan besar, tiba-tiba keadaan berubah.

"Hal ini lah yang justru mengubah suasana hati hingga membuat stres. Stres inilah yang akan menghambat kita menciptakan cash flow," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/01/02/064806326/4-cara-menciptakan-sumber-penghasilan-di-tahun-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.