Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Cari Penghasilan Tambahan di Tahun Baru? Perhatikan Hal Ini!

Menambah penghasilan bisa menjadi suatu hal yang penting dilakukan. Karena, menurut Perencanaan Keuangan Finansialku, Shierly, CFP®, 80 persen masalah keuangan yang ditemuinya berasal dari arus kas.

Mulai dari penghasilan yang terlalu kecil walaupun pengeluaran sudah hemat. Atau mungkin penghasilan cukup baik, namun pengeluaran terlalu besar untuk membayar utang, tagihan, gaya hidup konsumtif, atau lainnya.

Bisa juga dikarenakan ada kondisi yang tidak terduga hingga kita perlu mengeluarkan uang secara mendadak. Misalnya, keluarga sakit, baru memiliki anak, peralatan rumah rusak, dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah mencoba segala cara untuk berhemat dan menabung namun terasa belum cukup, maka untuk bisa memperbaiki arus kas adalah dengan menambah penghasilan.

“Merencanakan keuangan sebaik apapun tidak akan berhasil jika uangnya tidak ada,” ujar Shierly.

Untuk mengetahui bagaimana mencari penghasilan tambahan di tahun baru, simak penjelasan berikut.

Peluang mencari penghasilan tambahan

Menambah penghasilan berarti akan menambah bahan bakar untuk keuangan kamu juga. Sehingga, kamu bisa lebih banyak menabung dan berinvestasi, bisa lebih cepat membayar utang, dan tentunya tujuan keuangan bisa cepat terealisasikan.

Setiap akhir tahun, setidaknya ada tiga hal yang masyarakat rayakan, yaitu liburan sekolah anak, perayaan Natal, dan perayaan Tahun Baru. Meski akhir tahun ini kita masih berhadapan dengan pandemi, dan jumlah arus mudik serta liburan diprediksi akan melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Agar kamu bisa menikmati waktu liburan dengan banyak diam di rumah saja, berikut ini contoh beberapa jenis usaha yang kamu bisa lakukan.

  •  Menjual makanan, seperti kue kering natal, parsel, frozen food, peralatan BBQ
  • Menjual pernak-pernik natal dan tahun baru
  • Jika suka membuat konten, kamu bisa membuat konten video, musik, tulisan yang inspiratif dan menghibur.

Jika kondisi sudah kembali normal, maka berikut peluang usaha yang akan meningkat di awal tahun.

  • Menjadi tour agent dan tour leader,
  • Jasa rental mobil pribadi,
  • Sewa villa, rumah, atau kamar di dekat daerah wisata,
  • Menjual kuliner dan oleh-oleh khas kota,
  • Menjual aksesoris kerajinan tangan,
  • Menjual perlengakapan traveling,
  • Jasa tukar uang,
  • Jasa edit video dan foto untuk liburan.

Peluang usaha sering kali ada di depan mata dan selalu kita sadari. Oleh karena itu, kamu perlu membuka diri lebih luas dan melihat peluang usaha apa yang bisa kamu lakukan.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mencari Penghasilan Tambahan
1. Waktu
Setiap orang, baik yang memiliki banyak uang maupun tidak, memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam 1 hari. Hal yang membedakan adalah bagaimana cara mereka mengelola waktu.

Untuk meraih peluang mendapat penghasilan tambahan, maka kamu harus dengan sengaja mendedikasikan waktu kamu untuk mengejar peluang tersebut.

Namun, bagaimana dengan karyawan yang jam kerjanya menjadi tidak teratur di saat pandemi ini, atau ibu rumah tangga yang tidak memiliki jam kerja?

Shierly berpendapat untuk memulai saja terlebih dahulu dengan mengalokasikan 5-10 jam per minggu untuk mengerjakannya.

Anda bisa akali dengan membagi waktu tersebut ke dalam hari-hari tertentu. Misalnya pagi sebelum kerja, malam setelah bekerja, atau saat akhir pekan.

2. Pikiran
Karena peluang liburan akhir tahun ini ada dalam jangka waktu yang pendek, maka kamu tentu perlu mencurahkan pikiranmu untuk membuat rencana dan mengerjakan peluang usaha ini.

Jika diperlukan, gunakan notes, catatan kecil, atau jurnal untuk membantu diri kamu menuangkan pikiran ke dalam rencana dan tindakan kamu selanjutnya.


3. Tenaga
Penghasilan aktif kita sehari-hari seing kali sudah menguras tenaga.

Dengan mengerjakan peluang usaha untuk mendapat penghasilan tambahan, maka kamu perlu menyiapkan stamina untuk bekerja ekstra.

Makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga untuk menjaga stamina tubuh kamu.

4. Uang
Beberapa jenis usaha perlu modal dana untuk memulainya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk merencanakan dan mengelola keuangan untuk mengerjakan peluang usaha kamu.

Perencanaan uang bisa meliputi penghasilan yang kamu dapatkan, biaya produksi, marketing, administrasi, dan lainnya.

Lalu, tentukan sumber modal untuk mendanai usaha. Bagi karyawan, kamu bisa alokasikan penghasilan utama untuk mengumpulkan modal usaha tambahan.

Untuk memudahkan kamu dalam merencanakan anggaran, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store. (Retna Gemilang)

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Finansialku.com. Isi artikel di luar tanggung jawab Kompas.com

https://money.kompas.com/read/2021/01/02/121300126/mau-cari-penghasilan-tambahan-di-tahun-baru-perhatikan-hal-ini-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke