Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bitcoin Jadi Primadona, Kemendag Minta ICDX Kembangkan Blockchain

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta seluruh stakeholder terkait, termasuk Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX) untuk mengembangkan perdagangan digital.

Salah satu yang bisa difasilitasi adalah perdagangan blockchain yang tengah diminati masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia.

Sepanjang 2020, harga bitcoin menguat tiga kali lipat, meski pasar keuangan mengalami tekanan.

Bahkan, harganya sempat berada di ambang kisaran harga 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 421,5 juta (kurs Rp 14.050).

"Hal ini harus disinkronkan dan disinergikan, dilaksanakan. Blockchain sangat diminati dan menjadi salah satu instrumen yang bisa difasilitasi oleh Bappebti, bersama dengan stakeholder, para pelaku, dan pemangku kepentingan," kata Jerry dalam Pembukaan Perdagangan Berjangka Komoditi tahun 2021, Senin (4/1/2021).

Jerry menuturkan, saat ini Kementerian Perdagangan tengah berupaya merambah dunia digital untuk mendigitalisasi perdagangan, baik untuk pasar tradisional, pasar modern, maupun kelembagaan.

Menurut dia, digitalisasi merupakan salah satu faktor penting untuk memajukan perdagangan di kawasan maupun di tingkat global.

Dengan digitalisasi, peningkatan ekspor, pengembangan ekspor, dan pengembangan produk olahan bernilai tambah bisa dipasarkan di pasar global.

"Oleh karena itu ini harus dikembangkan, harus ditingkatkan. Apalagi kita melihat data terakhir pada November 2020, Indonesia mencapai surplus 19,65 miliar dollar AS. Ini adalah kondisi yang positif, menunjukkan bangsa kita memiliki ketahanan," ungkap Jerry. 

Salah satu bentuk komitmen awal dari Kemendag adalah menyelesaikan dan mengeksekusi perjanjian-perjanjian dagang di kawasan dan kancah global sepanjang 2020.

Saat ini, Indonesia sudah masuk dalam perjanjian Regional Comprehensive Economic Partenership (RCEP) yang menyatukan negara-negara di lingkar ASEAN dan 5 negara dari luar ASEAN.

Teranyar, Kemendag melawat ke Korea Selatan untuk melanggengkan perjanjian dagang IK-CEPA. 

"Ini menunjukkan bagaimana bangsa kita yang besar sangat diminati, dilihat sebagai pemain besar yang potensial baik di tingkat kawasan Asia Tenggara maupun global. Tentunya kami berharap di tahun yang akan datang bisa memberikan sumbangsih konkret untuk Indonesia," pungkas Jerry.

https://money.kompas.com/read/2021/01/04/112449826/bitcoin-jadi-primadona-kemendag-minta-icdx-kembangkan-blockchain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke