Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelajaran dari Bill Gates: Menabunglah seperti Orang yang Pesimistis, tetapi Berinvestasi secara Optimistis

Seseorang akan mengorbankan banyak hal terhadap sesuatu hanya bila orang tersebut memiliki rasa percaya terhadap kemampuan yang Anda miliki. Hal itulah yang dirasakan oleh Bill Gates kala itu.

Namun demikian, Bill Gates tak bisa dikatakan tidak berhati-hati dalam menetapkan langkah. Sebab, sejak awal dirinya mendirikan Microsoft, dia bersikeras untuk selalu memiliki uang tunai di bank untuk menjaga perusahaan agar tetap hidup dalam 12 bulan ke depan tanpa ada pemasukan sama sekali.

"Saya selalu berhati-hati, sampai pada titik di mana kami tidak akan merekrut terlalu banyak orang," ujar Gates dalam sebuah interview pada tahun 2017, seperti dilansir CNBC, Selasa (5/1/2021).

"Saya selalu khawatir karena orang bekerja untuk saya lebih tua dan sudah memiliki anak, dan saya selalu berpikir, bagaimana bila kami tidak dibayar? Bagaimana bila gaji kami tidak cair?" ujar dia.

Bila Anda mengamati dengan baik, Anda akan melihat optimisme dan pesimisme bersisian satu sama lain di setiap figur orang maupun karier yang sukses.

Meski keduanya terlihat sangat berseberangan, mereka bisa bekerja dengan baik secara bersamaan untuk menjaga segala sesuatu tetap seimbang.

Gates memahami Anda hanya bisa menjadi optimistis dalam jangka panjang bila Anda cukup pesimistis untuk bertahan hidup dalam jangka pendek.

Cara terbaik untuk seseorang menerapkan hal itu adalah dengan menabung seperti seseorang yang pesimistis, tetapi berinvestasi seperti seseorang yang sangat optimistis.

Setiap tahun, setiap orang bakal menghadapi keajaiban yang baik maupun buruk. Bahkan, hal itu bisa saja terjadi setiap bulan dalam satu tahun.

Banyak hal yang bisa jadi merupakan keajaiban buru, sehingga bisa menyebabkan Anda membutuhkan dana darurat di setiap kesempatan.


Untuk itu, menabung seperti seorang pesimistis diperlukan. Artinya, Anda memahami secara statistik berita buruk adalah hal yang biasa. Hal buruk merupakan hal yang sangat biasa, baik itu berskala global, nasional, lokal, di tataran bisnis maupun masalah pribadi.

Untuk itu, menabunglah dalam jumlah besar, dengan kepastian, Anda akan membutuhkan bantalan untuk menghadapi sebuah keberuntungan buruk. Bersikaplah sedikit paranioid dalam menghadapi hidup, dengan memahami asumsi apa yang akan terjadi esok hari.

Sementara itu, investasi yang baik bermuara pada pertahanan diri dari kemunduran dan kemerosotan jangka pendek yang tak terhindarkan untuk menikmati kemajuan dan hasil dalam jangka panjang.

Dalam berinvestasi, sebisa mungkin bersikaplah optimistis. Sebab, dalam setiap krisis, perang, atau setiap permasalahan yang terjadi di dunia pasti diikuti dengan perbaikan.


https://money.kompas.com/read/2021/01/05/123600026/pelajaran-dari-bill-gates-menabunglah-seperti-orang-yang-pesimistis-tetapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke