Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Mampu Bangkit, Rupiah Melemah di Akhir Sesi Perdagangan

Melansir Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini melemah 20 poin (0,14 persen) pada level Rp 13.915 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 13.895 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, sentimen eksternal mendorong pelemahan rupiah sore ini. Padahal, data internal menunjukkan singnal positif yang mampu mendorong penguatan rupiah.

Dari eksternal, pelaku pasar masih menunggu hasil pemilihan putaran kedua di negara bagian Georgia AS yang akan menunjukkan kemungkinan langkah-langkah stimulus AS lebih lanjut.

Federal Reserve AS juga akan merilis risalah terkait kebijakan moneter. Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 masih menjadi perhatian investor.

“Data Internal yang positif tidak mampu mengangkat mata uang rupiah di sore ini, karena data eksternal yang kurang bersahabat sehingga arus modal asing kembali keluar pasar finansial dalam negeri, wajar kalau rupiah ditutup melemah,” kata Ibrahim melalui siaran pers.

Sementara itu, data internal cukup baik, dimana pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 mencapai 5 persen setelah sejumlah vaksin sudah di distribusikan ke masyarakat.

“Ini merupakan salah satu langkah pendorong untuk perekonomian nasional,” jelas dia.

Namun, pelaksanaan vaksinasi saat ini masih menunggu BPOM mengeluarkan Emergency Use Authorization maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sertifikat kehalalan sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam beraktivitas.

Aktivitas yang meningkat turut mendorong kegiatan konsumsi dan daya beli masyarakat menjadi lebih bergerak sehingga target pertumbuhan ekonomi yang sudah direncanakan akan mampu tercapai.

https://money.kompas.com/read/2021/01/05/161705726/tak-mampu-bangkit-rupiah-melemah-di-akhir-sesi-perdagangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke