Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airlangga Optimistis Perekonomian Membaik meski Ada Pengetatan Pembatasan Kegiatan

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk memberlakukan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat mulai 11 Januari hingga 25 Januari mendatang.

Airlangga menjelaskan, optimisme terhadap kinerja perekonomian didukung oleh beberapa indikator di pasar keuangan dan saham yang mulai bergerak ke arah positif.

"Kuartal I kan baru tujuh hari, jadi tentu kita melihat berjalannya keseimbangan sektor kesehatan dan sosial ekonomomi. Tapi kalau kita lihat prediksi di kuartal IV itu antara minus 2,2 persen sampai dengan minus 0,9 persen," jelas Airlangga ketika memberikan paparan dalam Update Pembatasan Kegaitan Masyarakat di Berbagai Daerah Jawa dan Bali yang ditayangkan secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Ketua Umum Golkar itu menjelaskan, di pasar modal setelah sedikit tertekan pada perdagangan kemarin, tetapi hari ini kinerja Indeks Harga Sagham Gabungan (IHSG) mulai bergerak di zona positif.

"Dan sampai saat ini IHSG sudah mencapai 6.128 atau sudah positif naik," jelas Airlangga.

Di sisi lain, nilai tukar rupiah juga menurutnya terus bergerak menguat. Bahkan sejak beberapa waku yang lalu, nilai tukar rupiah mulai bergerak di kisaran Rp 13.900 per dollar AS.

"Ini adalah dua hal yang menunjukkan confident dari pasar atau confident dari sektor keuangan, ini tentu yang harus kita jaga," jelas Airlangga.

Optimisme, menurut Airlangga, juga didukung oleh kinerja manufaktur yang mulai memperlihatkan terjadinya ekspansi. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur tercatat sudah naik ke 51,3. Harga beberapa komoditas pun sudah tercatat mencapai harga tertinggi.

"CPO ini dalam sembilan tahun sudah mencapai harga tertinggi, dan batubara juga sudah naik, juga nikel. Komoditas yang belum naik hanya BBM. Karena Indonesia pun impor BBM, sehingga tentu akan menguntungkan Indonesia," jelas Airlangga.

"Dengan keyakinan-keyakinan ini, tentu kita cukup optimistis dan proyeksi sampai akhir tahun itu di kisaran 5 persen," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2021/01/07/131800026/airlangga-optimistis-perekonomian-membaik-meski-ada-pengetatan-pembatasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke