Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha Girang Banyak Kamar Hotel Laris Manis untuk Isolasi Mandiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyampaikan bahwa peningkatan permintaan kamar hotel untuk isolasi dengan biaya mandiri (isolasi mandiri) menjadi fenomena baru di dunia perhotelan.

"Ada dua skema pembayaran untuk isolasi, yakni subsidi dari pemerintah dan bayar sendiri atau personal account. Yang berbayar secara mandiri ini cukup menarik fenomenanya," ujar Ketua umum Apindo, Hariyadi B. Sukamdani, dilansir dari Antara, Sabtu (9/1/2021).

Ia mengatakan pemesanan kamar untuk isolasi mandiri tanpa subsidi dari pemerintah cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di dalam negeri.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah hotel juga telah memiliki izin dari dinas pariwisata untuk menerima tamu dengan tujuan isolasi mandiri.

"Namun, untuk mandiri protokolnya juga ketat, karena hotel harus ada tenaga medisnya juga," kata Hariyadi yang juga Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Ia juga mengatakan penggunaan fasilitas kamar hotel untuk isolasi mandiri tidak hanya digunakan secara mandiri oleh masyarakat, ada juga yang disubsidi oleh pemerintah.

"Anggaran dari pemerintah itu untuk masyarakat yang penghasilannya mungkin yang tidak bisa untuk mandiri," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan fasilitas hotel bintang dua atau tiga yang dimanfaatkan untuk menampung pasien Covid-19 guna menyiasati apabila tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit penuh.

“Pemerintah juga menyiapkan untuk layanan publik juga memanfaatkan fasilitas hotel bintang dua atau tiga seperti dilakukan di Sulsel dan Jateng,” katanya.

Untuk itu, ia mendorong peningkatan kesiapan pelayanan publik di sejumlah daerah yang masih banyak ditemukan kasus Covid-19.

Sementara itu, menurut Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, terkait hotel isolasi mandiri yang disiapkan pemerintah pusat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan PHRI, Doni menjelaskan di Jakarta ada lima hotel yang terpakai.

Di daerah lain seperti Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Bali, dan Sulawesi Selatan juga ada. Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dari awal sudah memanfaatkan hotel untuk fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat.

"Begitu juga dengan kota lainnya. Hanya belum seluruh hotel yang disiapkan itu terpenuhi karena kondisi di lapangan tidak sebanyak yang diperhitungkan sebelumnya," papar Doni Monardo dikutip dari laman resmi Covid19.go.id.

Sementara itu dilansir dari Kontan, pemerintah menyediakan hotel yang tersebar di sembilan provinsi dengan kapasitas hunian sebanyak 13.334 tempat tidur.

DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Papua menjadi tiga daerah dengan kapasitas hunian terbanyak dalam jumlah hotel isolasi mandiri.

Di DKI Jakarta tersedia 4.333 tempat tidur yang tersebar di 33 hotel di seluruh wilayah Ibukota. Rinciannya Jakarta Pusat 14 hotel, Jakarta Selatan 5 hotel, Jakarta Timur 3 hotel, Jakarta Barat 5 hotel, dan Jakarta Utara 6 hotel.

Dua provinsi terbanyak lainnya setelah DKI Jakarta adalah Jawa Timur dengan 2.160 tempat tidur dari 16 hotel dan Papua 1.797 tempat tidur dari 20 hotel.

Kemudian disusul Bali 1.547 tempat tidur dari 12 hotel, Jawa Barat ada 1.169 tempat tidur dari 12 hotel, dan Sulawesi Selatan 1.156 tempat tidur dari 8 hotel.

Sedangkan tiga hotel dengan kapasitas hunian paling rendah adalah Kalimantan Selatan tersedia 815 tempat tidur dari 11 hotel, Sumatera Utara tersedia 184 tempat tidur dari 6 hotel, dan terakhir Jawa Tengah tersedia 173 tempat tidur dari 2 hotel.

Penyediaan 120 hotel isolasi mandiri adalah bentuk perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat.

Lantaran masih tingginya tambahan kasus positif corona, pemerintah juga meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya untuk menekan wabah corona, dimulai dari menekan angka penularan.

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

https://money.kompas.com/read/2021/01/09/103157026/pengusaha-girang-banyak-kamar-hotel-laris-manis-untuk-isolasi-mandiri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke