Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kadin: Dari 131 Juta Tenaga Kerja, 40 Persen Hanya Lulusan SD

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyebutkan bahwa dari 131 juta tenaga kerja, sebanyak 40 persen di antaranya hanya lulusan Sekolah Dasar (SD).

"Kalau kita flashback sedikit, memang tenaga kerja kita yang jumlahnya 131 juta orang latar belakang pendidikannya masih didominasi oleh Sekolah Dasar (SD). Kurang lebih sekitar 40 persen. Hanya 12 sampai 13 persen yang mempunyai latar belakang diploma atau sarjana universitas," kata Rosan secara virtual dalam agenda Kick Off Diklat 3 in 1 Kementerian Perindustrian, Selasa (12/1/2021).

Sebagai pelaku industri, Rosan menyadari bahwa tidak semua bisa tenaga kerja yang berpendidikan rendah tersebut didorong untuk masuk ke perguruan tinggi.

Oleh sebab itu, adanya pelatihan vokasi menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan serta kompetensi para pekerja.

"Terutama dengan adanya kebutuhan tenaga kerja kita ke depannya. Kalau kita lihat bahwa mismatch kebutuhan dunia usaha dan para pekerjanya itu masih sangat besar," kata Rosan. 

"Dengan adanya kegiatan seperti ini (Diklat 3 in 1) ini sangat membantu kami sehingga tenaga kerja yang tersedia adalah tenaga kerja yang siap bekerja dan siap pakai. Tidak hanya sebagai tenaga kerja ahli," sambung dia.

Pada awal tahun 2021, Kementerian Perindustrian kembali menyelenggarakan Diklat 3 in 1 berbasis kompetensi secara serentak di tujuh Balai Diklat Industri (BDI).

Program strategis ini merupakan wujud nyata peran pemerintah dalam menyiapkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai kebutuhan industri saat ini, sekaligus upaya untuk menekan angka pengangguran dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar siap bersaing.

https://money.kompas.com/read/2021/01/12/185717626/kadin-dari-131-juta-tenaga-kerja-40-persen-hanya-lulusan-sd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke