Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Biaya Tes DNA di RS Indonesia?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tes DNA alias asam deoksiribonukleat (deoxyribonucleic acid) seringkali digunakan sebagai identifikasi garis keturunan atau hubungan darah.

DNA sendiri menyimpan semua informasi yang berkaitan dengan genetik. Sehingga jasa tes DNA juga sering digunakan untuk mengetahui riwayat penyakit tertentu pada seseorang.

Di Indonesia, saat ini sudah banyak rumah sakit (RS) dan laboratorium yang menyediakan layanan tes DNA. Lalu berapa biaya tes DNA di Indonesia?

Dikutip dari Kontan, Rabu (13/1/2021), salah satu rumah sakit besar yang menyediakan tes DNA adalah RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo. Di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan tersebut, harga tes DNA keturunan berkisar Rp 10 juta.

Tarif tes DNA berbeda-beda di setiap rumah sakit dan laboratorium. RSUP Sanglah membanderol tarif tes DNA sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8 juta.

Sementara itu dikutip dari Antara, salah satu perusahaan penyedia layanan laboratorium di Indonesia, PT Cordlife Persada, membanderol layanan tes DNA berkisar Rp 8 juta sekali pemeriksaan.

Product Marketing Manager PT Cordlife Persada, Talitha Prameswari, menjelaskan harga tes DNA tersebut meliputi tes laboratorium dengan sampel air liur.

"Pakai air liur. Cukup meludah saja di tabung yang sudah disediakan. (Sampel) akan kami kirim ke lab kami di Jepang. Hasilnya (tes DNA) keluar versi digital lewat email. Untuk waktunya sekitar satu bulan," terang Talitha.

https://money.kompas.com/read/2021/01/13/160738526/berapa-biaya-tes-dna-di-rs-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke