Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi Menurun, Pemerintah Genjot Penggunaan Mobil Listrik Hingga Ekspor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM melaporkan, konsumsi listrik sepanjang 2020 mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.

Penurunan tersebut terefleksikan dengan tidak tercapainya target konsumsi listrik per kapita.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, realisasi konsumsi listrik per kapita pada 2020 sebesar 1.089 kWh per kapita, atau setara 95 persen dari target 1.142 kWh per kapita.

"(Konsumsi) rumah tangga naik, tetapi di insutri dan bisnis turun drastis. Maka secara resultan konsumsi per kapita tidak sesuai dengan target," kata Rida dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/1/2021).

Seiring dengan menurunnya permintaan, Rida menyebutkan, realisasi produksi listrik sepanjang tahun lalu berada jauh di bawah target, yakni hanya mencapai 272,4 TWh atau setara 80 persen dari target 339,8 TWh.

"Karena ada perlambatan aktivitas," ujar dia.

Untuk menggenjot kembali konsumsi, pemerintah berencana untuk menciptakan permintaan baru.

Menurut Rida, pemulihan dari sektor bisnis dan industri dapat menjadi solusi jangka pendek untuk mengerek konsumsi listrik.

Namun dalam jangka menengah, pemerintah berencana menciptakan demand baru antara lain dengan memasifkan penggunaan mobil listrik dan kompor induksi.

Pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) disebut sebagai salah satu upaya pemerintah menarik minat masyarakat menggunakan mobil listrik.

Lalu, untuk jangka panjang pemerintah berencana melakukan ekspor listrik dari pasokan yang berlebih ke negara tetangga.

Rida menjelaskan, saat ini beberapa negara di Asia Tenggara sudah melakukan ekspor dan impor listrik untuk memaksimalkan produksi atau memenuhi kebutuhan listriknya.

"Misal Singapura membeli listrik dari Laos, ke utara lewat Thailand, lewat Malaysia, baru ke Singapura, itu kan jauh. Kenapa tidak beli dari Indonesia. Itu juga dijajaki," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/01/13/171914726/konsumsi-menurun-pemerintah-genjot-penggunaan-mobil-listrik-hingga-ekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke