Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qatar Airways Bakal Pensiunkan Airbus A380

CEO Qatar Airways Akbar Al Baker mengatakan dalam sebuah forum industri penerbangan, setidaknya maskapai tersebut bakal mengandangkan separuh dari 10 armada Airbus A380 mereka. Beberapa di antaranya sudah dikandangkan sejak pertengahan Maret tahun lalu.

Dilansir dari CNN, Selasa (19/1/2021) Al Baker mengatakan, keputusan perusahaan untuk memensiunkan armada jumbo tersebut dengan kekhawatiran perusahaan atas dampak lingkungan yang dihasilkan oleh A380.

"Saya pikir A380 adalah salah satu pesawat dengan emisi terburuk," ujar Al Baker.

"Inilah mengapa kami memutuskan untuk tidak lagi mengoperasikan pesawat tersebut ke depan, dan bila kami menggunakan armada tersebut, kami hanya akan mengoperasikan separuh dari jumlah yang kami punya," jelas dia.

Airbus A380 merupakan pesawat dengan kabin dua tingkat dan bisa memuat maksimal sebanyak 850 penumpang. Meskipun jika layanan penumpang dibagi dalam 3 kelas yakni first class, business, dan economy, kapasitasnya jadi sekitar 500 penumpang saja.

Airbus sendiri telah mengumumkan untuk menghentikan pengiriman armada A380 pada tahun 2021. Produsen pesawat Eropa tersebut hanya mengirimkan 234 pesawat super jumbo tersebut sejak pertama kali diproduksi dan diperkenalkan ke publik pada tahun 2007.

Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi salah satu penyebab operasional pesawat super jumbo banyak dikandangkan oleh perusahaan maskapai dunia. Beberapa maskapai seperti Luthfansa, Qantas, British Airways, dan Air France telah menghentikan penggunaan pesawat superjumbo tersebut sejak pandemi terjadi tahun lalu.

https://money.kompas.com/read/2021/01/19/085411326/qatar-airways-bakal-pensiunkan-airbus-a380

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke