Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Tak Ingin Lembaga Pengelola Investasi Indonesia seperti 1MDB

Mantan bos Inter Milan itu mencontohkan, dia tak ingin SWF yang dibentuk pemerintah seperti yang terjadi di 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Ini yang kita harapkan SWF yang sangat berbeda dengan SWF tetangga, yang di mana kemarin ada kasus-kasus sedikit seperti 1MDB atau yang lainnya. SWF yang kita bentuk adalah SWF yang fokus kepada aset yang ada di nasional,” ujar Erick dalam webinar, Jumat (22/1/2021).

Erick menjelaskan, LPI yang dibentuk pemerintah ditujukan untuk mendorong pembangunan yang ada di Tanah Air. Namun, pembangunan yang akan dilakukan tak akan mengandalkan utang dari negara lain.

“Kami ingin mempercepat daripada investasi yang ada di Indonesia, tetapi tidak dengan utang, tetapi kita mencari tambahan modal dengan berpartner,” kata dia.

Pendiri Mahaka Media ini menginginkan investasi yang masuk ke Indonesia bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Ini lah kita harapkan bagaimana kita bisa menciptakan investasi yang bersahabat,” ungkapnya.

Erick menambahkan, sudah saatnya Indonesia menjadi negara produsen, bukan lagi negara konsumen. Sebab, Indonesia punya market yang besar untuk menjadi negara produsen.

“Tapi yang kita harus ketahui dalam menjadi negara produsen kita juga harus disupport tiga hal. Tidak hanya market, logistik, tapi juga pendanaan,” ucap dia.

1MDB merupakan perusahaan investasi milik Malaysia yang didirikan mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada 2009 lalu. Perusahaan itu didirikan untuk mendorong investasi dan menstimulasi perekonomian Negeri Jiran.

Namun, pada Juli 2020 lalu pengadilan di Malaysia menghukum Najib Razak 12 tahun penjara atas tujuh dakwaan terhadapnya dalam kasus korupsi 1MDB.

Tujuh dakwaan tersebut meliputi pelanggaran kepercayaan kriminal, pencucian uang, dan penyalahgunaan kekuasaan.

Dilansir dari BBC, Selasa (28/7/2020), Najib didakwa pengadilan atas kasus korupsi skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang bernilai miliaran rupiah.

Kasus tersebut juga mengejutkan kancah perpolitikan Malaysia yang mengarah kepada penggulingan Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang telah berkuasa di Malaysia selama 61 tahun.

https://money.kompas.com/read/2021/01/22/154340426/erick-thohir-tak-ingin-lembaga-pengelola-investasi-indonesia-seperti-1mdb

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke