Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan Bawang Merah, Sistem Resi Gudang Dioptimalkan

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, SRG diyakini menjadi instrumen yang tepat dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan  bawang merah yang sering mengalami gejolak harga jelang hari raya.

"Pada musim-musim tertentu seperti menjelang hari raya, harga bawang merah terkadang mengalami gejolak. Diharapkan SRG bawang merah dapat menjadi instrumen dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan barang ke pasar,” kata Jerry dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/1/2021).

Oleh sebab itu, ia pun meninjau langsung pelaksanaan SRG khusus bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang telah menerapkan teknologi CAS. Penerapan teknologi itu penting mengingat Brebes merupakan sentra produksi bawang merah terbesar di Indonesia.

Jerry mengatakan, pemerintah telah membangun gudang CAS tersebut yang diproduksi oleh PT Pura Barutama/Pura Grup Kudus.

Dengan teknologi CAS, kandungan udara dalam ruang simpan dapat dikendalikan dengan mengatur komposisi O2, CO2, N2, dan Ethylene sehingga dapat memperlambat penuaan komoditas.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sidharta Utama menambahkan, pembangunan gudang CAS bawang merah di Brebes dilakukan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) Kemendag.

"Saat ini beberapa komoditas mengalami penurunan permintaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Diharapkan penerapan SRG dapat memberikan kemudahan akses pembiayaan sehingga roda perekonomian dapat tetap berputar,” katanya.

https://money.kompas.com/read/2021/01/26/210900926/jaga-stabilitas-harga-dan-pasokan-bawang-merah-sistem-resi-gudang-dioptimalkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke