Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 4 Kriteria untuk Membuka Bisnis Franchise yang Ideal

CEO & Founder Sour Sally Group Donny Pramono le membeberkan ada 4 kriteria yang harus diperhatikan ketika ingin membuka bisnis franchise yang ideal.

"Pertama adalah produk. Produk yang dijual harus oke, harus unik, dan bisa diterima tastenya untuk para calon customer yang ingin dituju," ujarnya dalam ShopeePay Talk bertajuk Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise yang disiarkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Lalu yang kedua adalah secara brand atau awareness. Menurut dia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand yang dimiliki, dibutuhkan juga brand marketing ataupun dengan menggelar promo.

"Selain menggunakan medsos, endorsment ataupun berpartner dengan influencer terkenal, bisa juga menggelar promo supaya brand kita cepat terkenal dan populer," jelasnya.

Ketiga adalah pengalaman manajemen. Dia bilang dalam membuka usaha franchaise, Standard Operating Procedure (SOP) harus bisa dibuat sesimpel mungkin agar bisa terintegrasi dengan semua sistem. Selain itu mitra yang ingin bekerja sama pun juga lebih terbantu apabila SOP yang dibuat tidak terlalu susah.

Sementara yang keempat adalah hitung-hitungan yang harus masuk akal. Jumlah produk yang harus dijual dalam seharinya dan biaya sewa tenant harus dihitung.

Apabila hitung-hitungannya masih masuk akal, maka bisa dipastikan bisnis franchisenya cukup ideal. Namun apabila jumlah biaya sewa dan jumlah orderan perhari yang dijual terbilang enggak masuk akal, akan susah berkembang.

"Ini yang menjadi acuan buat teman-teman yang ingin memfranchaisekan sebuah bisnis ataupun membisniskan franchaisenya. Kalau memang mau membuka bisnis franchaise ataupun sebaliknya, pastikan terlebih dahulu apakah brand Anda sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/01/27/135300926/ini-4-kriteria-untuk-membuka-bisnis-franchise-yang-ideal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke