Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Angkat Mantan Kepala BPKP Jadi Stafsus Kementerian BUMN

Pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-01/MBU/03/2020 tanggal.

Sesuai Permen tersebut, Menteri BUMN melantik Rabin Indrajad Hattari sebagai Staf Ahli Bidang Industri, serta Dwi Ary Purnomo sebagai Asdep Bidang Manajemen Risiko dan Kepatuhan, Kementerian BUMN.

Erick mengatakan, dengan pengangkatan Staf Ahli Bidang Industri, diharapkan insan BUMN maupun Kementerian BUMN bisa lebih tanggap dan aware dengan isu-isu terkait sektor industri.

“Sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi ini. Selain itu, dengan dilantiknya Asisten Deputi Manajemen Risiko dan Kepatuhan yang baru, diharapkan tidak ada lagi BUMN yang salah melangkah karena gagal menilai dan memitigasi risiko yang dimiliki perusahaan,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Selain itu, Erick juga mengangkat Ardan Adiperdana sebagai Staf Khusus I Menteri BUMN. Menurut dia, penambahan satu orang Stafsus dapat membantunya dalam pengembangan pengaturan perusahaan, sehingga akan mendorong kinerja BUMN melalui peningkatan fleksibilitas dan akuntabilitas.

Erick mengingatkan para jajarannya terkait tantangan yang dihadapi dalam mengelola BUMN di tengah pandemi Covid-19.

Situasi pandemi, lanjut Erick, telah berdampak secara signifikan terhadap kinerja BUMN di tahun 2020, termasuk dalam hal Alur kas (cash flow), siklus bisnis, proyek-proyek dan beban hutang hingga dividen.

Ardan Adiperdana sendiri merupakan mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ardan diketahui juga pernah menjabat sebagai komisaris Utama PT Jasa Raharja.

Pria kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat, 1959 tersebut merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jurusan Akuntansi, Jakarta pada 1987 dan berlanjut ke Master of Business Administration (MBA) Saint Mary’s University (SMU), Halifax, Nova Scotia, Canada, 1992.

https://money.kompas.com/read/2021/01/27/135724526/erick-thohir-angkat-mantan-kepala-bpkp-jadi-stafsus-kementerian-bumn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke