Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Minta Semua Pihak Tinggalkan Ego Sektoral di Tengah Pandemi

Dia menginginkan pandemi Covid-19 ini dijadikan momentum untuk mempererat sinergitas antar lembaga dan institusi di pemerintahan.

“Justru kita harus meninggalkan ego-ego sektoral yang justru selama ini membelenggu kita untuk berlari,” ujar Erick saat memberi sambutan dalam acara penandatanganan kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dan Kementerian Luar Negeri, Kamis (28/1/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menambahkan, selama ini kerja sama antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN telah terjalin baik, terutama dalam pengadaan vaksin Covid-19.

“Salah satunya bagaimana Kemenlu harus jadi ujung tombak dari pembukaan kesempatan negara kita untuk berkembang perbaiki supply chain atau istilahnya perdagangan,” kata dia.

Atas dasar itu, dia ingin melanjutkan sinergitas yang sudah terjalin baik ini dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pertamina dan Kementerian Luar Negeri.

Saat ini kata Erick, perusahaan minyak dan gas pelat merah itu memiliki beberapa kilang minyak di luar negeri. Diharapkan, dengan menggandeng Kementerian Luar Negeri, Pertamina bisa memitigasi resiko yang bisa saja muncul dalam operasional perusahaan di luar negeri.

“Karena kita tahun negara-negara itu pasti juga punya kepentingan lain-lain yang saya rasa bisa sewaktu-waktu mengubah policy. Tentu dengan keberadaan Kemenlu kita bisa menjembatasi persepsi daripada perubahan geopolitik itu dengan keberadaan Kemenlu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Erick juga meminta perusahaan BUMN lain mengikuti jejak Pertamina dengan menggandeng Kementerian Luar Negeri untuk menjalankan operasional perusahaannya yang berada di luar negeri.

“Hari ini selain Pertamina, saya juga mengundang MIND ID yabg jelas salah satu tugasnya perbaiki supply chain, dari Pupuk (Indonesia), Pertamina sendiri kita tugasi yang sangat besar untuk perbaiki supply chain energi,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/01/28/173000326/erick-thohir-minta-semua-pihak-tinggalkan-ego-sektoral-di-tengah-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke