Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Rencana Bangun Bank Digital, Bank Mandiri Pilih Jalur Organik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengaku belum ada rencana untuk menempuh jalur anorganik dalam pengembangan bank digital (neo bank).

Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, perseroan untuk saat ini bakal menempuh jalur organik lantaran memiliki dua perusahaan anak di sektor perbankan, yakni BSM dan Bank Mandiri Taspen.

"Sebenarnya posisi BMRI sudah memiliki 2 perusahaan anak dalam bentuk bank, yaitu BSM yang bergabung menjadi BSI dan Bank Mantap. Jadi yang akan kita lakukan sampai saat ini kita akan meneruskan satu pengembangan digital bank melalui secara organik," kata Rico dalam paparan kinerja perseroan kuartal IV 2020, Kamis (28/1/2021).

Rico menuturkan, kedua anak perusahaan itu melayani segmen yang berbeda. BSM dengan ekosistem syariahnya dan Bank Mantap untuk segmen khusus lainnya.

Adapun saat ini, pihaknya sudah melakukan kajian mengenai neo bank.

Kajian itu meliputi beberapa aspek, seperti regulasi, teknologi, organisasi, sumber daya manusia, branding, dan ekosistem.

"Memang akhir-akhir ini neo bank approach merupakan salah satu yang dilakukan oleh bank. Mandiri sebagai salah satu market detail juga memperhatikan ini, kita sudah melakukan beberapa kajian hal terkait hal ini," papar Rico.

Dari sisi ekosistem, bank bersandi saham BMRI masih mempertimbangkan lisensi bank digital nantinya akan menyatu atau sendiri-sendiri.

Beruntung, kata Rico, Bank Mandiri sebagai perusahaan induk memiliki ekosistem yang bagus sehingga sisi ekosistem tidak menjadi halangan dalam pengembangan digital.

"Sementara dari sisi organisasi, ada beberapa hal yang kita lakukan untuk membantu organisasi Bank Mandiri, sehingga kita juga bisa melakukan pengembangan digital supaya cepat," ungkap Rico.

Lalu dari sisi SDM, pihaknya tengah menyiapkan SDM berkualitas dan andal sehingga pengembangan digital akan lebih mudah dan cepat.

Begitu pun branding yang menjadi salah satu tolok ukur produk diterima dengan baik oleh masyarakat atau tidak.

"Branding, kami memiliki jumlah nasabah yang besar sedemikian rupa sehingga pada saat melakukan negoisasi dengan digital ekosistem lain, kita memiliki empowerment yang cukup," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2021/01/28/184131826/ada-rencana-bangun-bank-digital-bank-mandiri-pilih-jalur-organik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke