Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menuju Satu Data, Bank Siap Terapkan Laporan Terintegrasi mulai Juli 2021

Adapun BI Antasena merupakan sistem pelaporan terintegrasi yang dibangun bersama oleh BI, OJK, dan LPS. Sistem pelaporan ini mengintegrasikan 6 laporan existing (LBU, LSMK, LBBUK, LBBUS, LHBU, dan LKPBU) dan berbasis metadata.

Komitmen tersebut disampaikan dalam pertemuan High Level Meeting Komunikasi Bersama BI-OJK-LPS.

"Perbankan memiliki peran yang sangat vital dalam penyediaan data melalui BI Antasena ini. Pelaporan menuju satu data ini akhirnya bakal berperan penting dalam mendukung perumusan kebijakan otoritas," kata Deputi Gubernur BI, Sugeng dalam siaran pers, Jumat (29/1/2021).

Sugeng menyarankan, bank harus segera menyelesaikan persiapan di internal masing-masing bank. Begitupun menjalin komunikasi yang baik dengan otoritas.

"(Tujuannya) untuk memastikan penyampaian data perbankan yang berkualitas menjelang implementasi penuh BI Antasena pada bulan Juli 2021," ucap Sugeng.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, implementasi Laporan Bank Umum Terintegrasi ini sejalan dengan program penguatan pengawasan berbasis IT yang menjadi prioritas di OJK.

OJK, kata Nurhaida, telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan yang didukung dengan digitalisasi.

"Melalui pengembangan sistem informasi di aspek pengaturan, pelaporan, perizinan, dan pengawasan," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2021/01/29/180000226/menuju-satu-data-bank-siap-terapkan-laporan-terintegrasi-mulai-juli-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke