Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Batal, Kunjungan Tim Tesla ke Indonesia Tunggu Larangan WNA ke Indonesia Dicabut

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengklarifikasi terkait batalnya kedatangan tim Tesla ke Indonesia pada Februari 2021.

Dia menekankan bahwa tim Tesla masih menunggu pencabutan kebijakan dari pemerintah terkait larangan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia.

"Bukan batal, tetapi masih menunggu restriksi pembatasan kunjungan orang asing dicabut," kata Jodi kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Diperkirakan pada pekan ini, pihak perwakilan yang diutus CEO SpaceX Elon Musk akan menandatangani surat perjanjian rahasia terkait investasi atau nondisclosure agreement (NDA) dengan pemerintah Indonesia.

Jodi mengatakan, banyak peluang kerja sama yang dipelajari dengan perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat (AS) ini dengan pemerintah Indonesia.

"Semua sedang dipelajari, mulai dari mining hingga lithium battery dan EV. Banyak yang bisa dikerjasamakan lainnya dengan Tesla, a.l. starlink, hyperlink, dan lain-lain," ujar dia.

Sebelumnya, CEO SpaceX Elon Musk menanggapi undangan serta perbincangannya dengan Presiden Joko Widodo pada 11 Desember 2020, melalui telepon.

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik.

Tak hanya membicarakan seputar prospek mobil listrik, Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai lokasi launching pad Space X. '

Elon Musk berencana mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

https://money.kompas.com/read/2021/02/01/191429626/bukan-batal-kunjungan-tim-tesla-ke-indonesia-tunggu-larangan-wna-ke-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke