Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penasaran dengan Biaya Pasang Panel Surya di Rumah Anda? Coba Gunakan Situs Web Ini

Selain dapat menekan produksi emisi karbon dioksida, penghematan tagihan listrik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna panel surya dengan sistem on-grid atau tersambung dengan listrik PT PLN (Persero).

Meskipun rata-rata biaya pemasangan panel surya saat ini masih terbilang mahal, pengguna dapat balik modal dalam kurun waktu beberapa tahun, dari penghematan tagihan listrik yang diterima.

Bahkan, salah seorang pengguna mengaku kepada Kompas.com dapat balik modal dari pemasangan panel surya hanya dalam waktu 7 tahun.

Lantas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan panel surya?

Jika tertarik untuk menggunakan panel surya di rumah atau mungkin tempat usaha, Anda bisa terlebih dahulu memperkirakan biaya pemasangan dan penghematan yang diterima dari penggunaan PLTS itu.

Saat ini, Kementerian ESDM pun telah memiliki situs web yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat untuk melakukan perhitungan-perhitungan tersebut di laman https://esmart-plts.jatech.co.id/home.html.

"Untuk membantu masyarakat menghitung potensi PLTS atap yang dapat dibangun dan penghematan yang diperoleh, Balitbang ESDM telah membangun aplikasi E-Smart pada tahun 2020," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Setelah mengeklik laman tersebut, akan muncul peta yang ditampilkan dari hasil satelit. Anda kemudian perlu mencari lokasi titik yang ingin dipasang panel surya.

Lalu, Anda membuat gambaran kasar penempatan panel surya, dengan cara membuat garis yang membentuk sebuah ruang untuk mengetahui luas area yang tersedia.

Kemudian gambar kasar selesai, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan, mulai dari tipe bangunan, daya listrik terapasang, tagihan listrik per bulan, hingga tingkat kemiringan atap.

Situs web pun akan langsung menghitung potensi panel surya yang dapat dipasang, penghematan tagihan listrik, sampai dengan pengurangan emisi karbon yang dapat dihasilkan.

Tim Kompas.com pun mencoba menggunakan situs web tersebut, dengan data yang dimasukkan, yaitu luas potensi pemasangan panel 42,6 meter persegi, jenis rumah tangga, daya listrik 2.200 VA, tagihan listrik per bulan Rp 900.000, dengan jenis genteng keramik, dan tingkat kemiringan 30 derajat.

Hasilnya dengan spesifikasi tersebut, potensi panel surya yang dapat dipasang sebesar 2,8 kWp, tetapi dengan daya listrik 2.200 VA, kapasitas sistem panel surya yang dapat terpasang hanya mencapai 2,04 kWp.

Dengan biaya pemasangan sekitar Rp 33,7 juta, panel surya dapat memproduksi 3.145 kWh per tahun atau setara 262 kWh per bulan. Produksi ini pun menghemat tagihan listrik PLN rata-rata per bulannya sebesar Rp 371.113, atau Rp 4,47 juta per tahun.

Apabila modal yang diperlukan untuk memasang panel surya sebesar Rp 33,7 juta, maka break even point atau BEP akan diterima dalam kurun waktu 7,5 tahun dari penghematan tagihan listrik yang diterima.

https://money.kompas.com/read/2021/02/02/173000626/penasaran-dengan-biaya-pasang-panel-surya-di-rumah-anda-coba-gunakan-situs-web

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke