Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenaker Sebut Pekerja Pria Paling Terdampak Pandemi

Data ini dihimpun melalui kolaborasi Kemenaker dengan BPJS Ketenagakerjaan pada periode 1 April-31 Juli 2020. Paparan ini dia sampaikan ketika mengikuti Forum ASEAN-AS Dialogue on Trade and Labour secara virtual.

"Berdasarkan jenis kelamin, pekerja yang terdampak didominasi oleh laki-laki dengan kontribusi sebanyak 1.537.439 orang atau persentasenya sekitar 71,62 persen, sedangkan perempuan berkontribusi sebanyak 609.228 atau sebanyak 28,38 persen," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut kata dia, Kemenaker telah menerapkan strategi kebijakan konkret di sektor ketenagakerjaan guna meminimalkan peningkatan angka pengangguran Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Di antaranya mengembangkan sistem pelatihan dengan mekanisme pelatihan campuran (blended training), memaksimalkan program penempatan dan perluasan kesempatan kerja serta kewirausahaan, seperti padat karya infrastruktur dantenaga kerja mandiri.

Kemudian, mengkoordinasikan kepada perusahaan terkait wajib lapor ketenagakerjaan untuk mengetahui kondisi ketenagakerjaan di setiap perusahaan yang terintegrasi dalam platform Sisnaker serta meningkatkan intensitas dan kualitas dalam ruang dialog sosial, baik Tripartit maupun Bipartit.

Menurut dia, pandemi Covid-19 menjadi pengingat bahwa tidak ada negara yang kebal terhadap dampak dari epidemi, khususnya di sektor Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama internasional yang erat, baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan epidemi itu sendiri.

"Kami harus bekerja lebih keras untuk memastikan bahwa 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik untuk semua negara, khususnya pada sektor ketenagakerjaan," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2021/02/03/193800226/kemenaker-sebut-pekerja-pria-paling-terdampak-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke