Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pagebluk Corona Sebabkan Konsumsi Rumah Tangga Loyo

Kepala BPS SUhariyanto menjelaskan, kontraksi rumah tangga disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari kontraksi penjualan eceran yang juga cukup dalam, hingga menurunnya impor barang konsimsi.

"Pengeluaran konsumsi rumah tangga di sana saleama 2020 mengalami kontraksi 2,63 persen, misal karena kontraksi penjualan eceran yang mendalam, impor barang konsumsi yang turun, kemudian juga terlihat dari angka penjualan mobil penumpang serta sepeda motor yang juga terkontraksi," jelas Suhariyanto ketika memberikan keterangan pers, Jumat (5/2/2021).

Ia pun menjelaskan, dari sisi pengeluaran, hanya satu komponen yang menunjukkan kinerja positif, yakni konsumsi pemerintah.

Suhariyanto mengatakan, konsumsi pemerintah tercatat tumbuh 1,94 persen pada tahun 2020.

"Selama 2020 konsumsi pemerintah satu-satunya komponen pengeluaran yang mengalami pertumbuhan positif, yakni 1,94 persen," ujar dia.

Suhariyanto pun menjelaskan konsumsi rumah tangga dan investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) menjadi kontributor terbesar pada kelompok pengeluaran. Kedua komponen ini berkontribusi sebesar 89,40 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) tahun 2020.

Sementara untuk komponen pengeluaran lainnya, konsumsi LPNRT tercatat minus 4,29 persen, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi minus 4,95 persen, dan ekspor serta impor tercatat masing-masing minus 7,7 persen dan 14,71 persen.

"Dan kalau melihat sumber pertumbuhan, PMTB merupakan sumber kontraksi terdalam, yakni 1,63 persen. Kalau kembali dilihat, Indonesia mengalami pertumbuhan negatif 2,07 persen, tetapi dibanding negara lain sebenarnya situasinya tidak terlalu turun," jelas Suhariyanto.

https://money.kompas.com/read/2021/02/05/135238626/pagebluk-corona-sebabkan-konsumsi-rumah-tangga-loyo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke