Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Program Hidroponik Sayur Inalum Cukupi Kebutuhan 430 Jiwa Masyarakat Desa Kuala Tanjung

KOMPAS.com – Direktur Pelaksana PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) Oggy Achmad Kosasih mengatakan, pihaknya berupaya melaksanakan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk itu, Inalum melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bidang ketahanan pangan membuat program pengembangan tanaman hidroponik Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, November 2020.

Oggy mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ketahanan pangan masyarakat khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Kini, kelompok penerima manfaat program pengembangan tanaman hidroponik Kuala Tanjung sudah melaksanakan panen yang ketiga kalinya pada Rabu (3/2/2021).

“Hasil panen dimanfaatkan untuk konsumsi kelompok dan dijual di Kuala Tanjung dan sekitarnya," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Program ini memiliki empat komoditas unggulan, yakni sawi manis, bayam, pakcoi, dan kangkung. Sejak dimulai November 2020, panen sayur hidroponik sudah ini mencapai 215 kilogram (kg).

“Warga Desa Kuala Tanjung tidak perlu lagi mengandalkan pasokan sayur dari luar daerah sehingga mengurangi pengeluaran rumah tangga,” tuturnya.

Oggy mengatakan, program ini merupakan refleksi komitmen Inalum dalam memprioritaskan program peningkatan ekonomi dan mulai mengurangi program yang bersifat filantropi.

Kaya dia, Inalum berharap program ini dapat diduplikasi desa lainnya, sehingga mendukung ketahanan pangan wilayah Kabupaten Batu Bara.

Berperan sebagai demonstration plot, program pengembangan hidroponik Desa Kuala Tanjung dapat menjadi contoh, sehingga desa lain dapat mengaplikasikan secara mandiri dan merasakan keberhasilan yang sama.

“Selain meningkatkan perekonomian Desa Kuala Tanjung karena sayur dapat dijual ke wilayah lain, sayur hidroponik diakui lebih sehat yang mampu mendukung asupan bergizi masyarakat ” tutur Oggy.

Adapun, panen ketiga ini dilakukan di 5.000 titik lubang hidroponik dan mampu menghasilkan 72 kg sayuran. Panen dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Program pengembangan tanaman hidroponik Desa Kuala Tanjung dikembangkan 10 orang. Saat ini sebanyak 430 jiwa turut mendapatkan manfaat dari program ini.

Kepala Desa Kuala Tanjung Usman berharap, masyarakat dapat menjaga keberlanjutan program sehingga terus dapat dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat.

“Semoga ke depannya program ini dapat berkembang hingga produksi sayuran dapat lebih meningkat lagi” katanya.

Menurut Usman, program pengembangan hidroponik ini dapat dijadikan rujukan edukasi agrowisata khususnya komoditas tanaman organik bagi masyarakat desa-desa lainnya.

https://money.kompas.com/read/2021/02/06/082647926/program-hidroponik-sayur-inalum-cukupi-kebutuhan-430-jiwa-masyarakat-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke