Salin Artikel

Merger Dikabarkan Masuk Finalisasi, Valuasi Gojek-Tokopedia Ditargetkan Rp 560 Triliun

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (10/2/2021), sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, saat setidaknya pada akhir bulan ini, kedua perusahaan rintisan (startup) Indonesia tersebut bakal mencapai kesepakatan terkait persyaratan merger.

Kedua perusahaan tengah melakukan pembahasan terkait beragam skenario dengan tujuan untuk mencatatkan saham kedua perusahaan yang digabung, baik di Jakarta dan di Amerika Serikat.

Valuasi perusahaan hasil merger ditargetkan bisa mencapai 35 miliar dollar AS hingga 40 miliar dollar AS atau sekitar Rp 560 triliun (kurs Rp 14.000) bila melantai di bursa saham.

Ketika dikonfirmasi kepada Gojek, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim tersebut enggan memberi komentar.

"Kami tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor yang beredar," ujar Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita kepada Kompas.com.

Adapun Bloomberg mengatakan, kedua start up tersebut berencana membuat Indonesia sebagai sumber daya internet. Sebab saat ini, Indonesia tengah memimpin pasar ekonomi digital mulai dari layanan transportasi, pembayaran online, jasa pengiriman, hingga belanja.

Bloomberg pun pertama kali memberitakan negosiasi aksi korporasi kedua perusahaan tersebut di bulan Januari.

Berdasarkan diskusi terakhir, pemegang saham Gojek diminta untuk memiliki sekitar 60 persen dari entitas gabungan, sementara Tokopedia sebesar 40 persen.

Terlepas dari rasio kepemilikan saham tersebut, kedua perusahaan dinilai bakal mencapai merger yang sederajat.


Salah satu skenario merger yang dibahas yakni penggabungan kedua perusahaan sebelum secara bersamaan mencatatkan saham di Indonesia dan AS.

Skenario lainnya, Tokopedia akan mencatatkan saham perdana di Jakarta terlebih dahulu, kemudian bergabung dengan Gojek sebelum akhirnya mendaftarkan entitas gabungan di Amerika Serikat.

Namun demikian, kedua perusahaan belum mencapai kesepakatan terkait pencatatan saham di AS melalui penawaran umum perdana tradisional atau dengan skema khusus untuk perusahaan akuisisi.

Sumber Bloomberg pun mengatakan sangat mungkin proses negosiasi berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan, atau bahkan gagal mencapai kesepakatan final.

https://money.kompas.com/read/2021/02/10/190100226/merger-dikabarkan-masuk-finalisasi-valuasi-gojek-tokopedia-ditargetkan-rp-560

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.