Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Bisnismu Lebih Untung di 2021, Coba 3 Cara Ini

Padahal dengan membangun efisiensi, kamu dapat menghemat biaya operasional yang pada akhirnya meningkatkan laba.

Mengutip Entrepreneur, Minggu (14/2/2021) berikut ini 3 prinsip utama yang bisa kamu anut agar bisnismu segera membangun efisiensi, utamanya ketika dunia menuju pemulihan di tahun 2021.

1. Kamu bukan manajer, kamu seorang pemimpin

Apakah manajer dan pemimpin sama? Tentu tidak. Menurut Profesor Administrasi Bisnis dan Konsultan Organisasi Warren Bennis, manajer menerima status quo, sedangkan pemimpin menantangnya.

Perubahan pola pikir yang sederhana ini akan membawamu untuk berani mengambil langkah efisiensi, sebagai tantangan untuk terus memperbaiki biaya operasional di era industri 4.0.

Tinggal dari sisi mana kamu melihat. Jika kamu melihat dirimu sebagai seorang manajer, kamu hanya seorang penjaga yang notabene melestarikan apa yang kami miliki, tanpa ada niat untuk mengubahnya jadi lebih bermanfaat.

Sedangkan jika kamu melihat diri sebagai seorang pemimpin, kamu akan berperilaku sebaliknya.

Asal tahu saja, kewirausahaan bertumpu pada fondasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis, menerapkan perubahan positif, sambil membawa bawahanmu berjalan bersama.

Untuk itu, gunakan sistem rencana, lakukan, lihat, dan bertindak/aksi. Dengan kata lain, kembangkan ide efisiensi, uji coba, tinjau, lalu luncurkan rencana itu untuk efektivitas seluruh sistem dalam bisnis.

2. Identifikasi keinginan klien

Salah satu kunci utama dalam menjalankan bisnis adalah mengindentifikasi keinginan klien. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, hal apa yang masih kamu lakukan, yang orang lain enggan membayar untuk itu? Dan kenapa kamu masih melakukannya?

Oleh karena itu, metode identifikasi diperlukan. Selain mengindentifikasi keinginan klien, kamu perlu mengidentifikasi alur kerja yang diperlukan untuk mencapai tujuan si klien. Kemudian otomatisasikanlah alur kerja itu.

Percayalah, inefisiensi dapat timbul dari berbagai sumber, termasuk pemrosesan barang secara berlebih, pergerakan barang, dan jumlah staf.

3. Efisiensi

Kevin Zhang, wirausahawan di balik merek pakaian HEMPX dan pendekatan eCommerce Bermerek Niche ('BNE'), memiliki cara unik untuk memastikan efisiensi bisnis adalah inti dari bisnisnya.

Setiap bulan, Kevin menghabiskan 1 minggu untuk mencatat semua yang dia lakukan di minggu itu, jam demi jam. Kemudian dia memeriksanya dengan cermat setiap inefisiensi.

Kevin melihat dan menentukan aktivitas mana yang bernilai tambah tinggi. Pun aktivitas mana yang dapat diotomatiskan dengan merekrut bakat baru.

Perbedaan antara bisnis rintisan (startup) yang sukses dan bisnis yang ditingkatkan (scale up business) terlihat dari pengembangan sistem.

University of Oxford mengindentifikasi, ada 3 syarat utama bagi bisnis untuk naik ke tingkat berikutnya. Tiga syarat utama itu antara lain, kepemimpinan yang kuat, pemasaran yang tepat, dan sistem IT untuk produksi dan manufaktur.

Untuk itu, fokuslah untuk menghilangkan inefisiensi. Memang, komitmen ini butuh pemimpin yang berani dan pemimpin yang mampu secara jelas mengidentifikasi apa yang diinginkan klienmu dengan cara yang paling efisien.

Sebagai seorang pemimpin, kamu pun harus memastikan menggunakan waktumu secara efektif untuk memandu bisnis ke arah yang benar.

https://money.kompas.com/read/2021/02/14/150900026/bikin-bisnismu-lebih-untung-di-2021-coba-3-cara-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke