Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini, BI Diproyeksi Turunkan Suku Bunga ke Level 3,50 Persen

VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan, penurunan suku bunga itu sebesar 25 bps ke level 3,50 persen. Penurunan bakal mempertimbangkan perkiraan inflasi yang rendah dalam jangka pendek.

"Terindikasi dari inflasi, terutama inflasi inti pada awal tahun ini yang terendah sejak 2003," kata Josua dalam laporannya, Kamis (18/2/2021).

Selain inflasi, ruang penurunan suku bunga menjadi terbuka karena mempertimbangkan kondisi keseimbangan eksternal yang tetap terjaga.

Josua menyebut, hal itu terindikasi dari penurunan defisit transaksi berjalan sepanjang tahun 2020 yang diperkirakan sekitar -0,42 persen terhadap PDB. Kondisi rendahnya defisit transaksi berjalan pun diperkirakan masih akan berlanjut hingga kuartal I 2021.

"Faktor inflasi yang rendah serta keseimbangan eksternal yang tetap terjaga ini mengindikasi bahwa kinerja perekonomian belum pulih secara signifikan," tutur Josua.

Belum pulihnya ekonomi terindikasi dari pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2020 yang masih mencatatkan pertumbuhan negatif.

Sepanjang 2020, ekonomi Indonesia tumbuh negatif -2,07 persen setelah terjadi kontraksi ekonomi dalam tiga kuartal berturut-turut, yakni di kuartal II, kuartal III, dan kuartal IV.

"Penurunan suku bunga acuan BI tersebut merupakan langkah lanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," pungkas Josua.

https://money.kompas.com/read/2021/02/18/074500526/hari-ini-bi-diproyeksi-turunkan-suku-bunga-ke-level-3-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke