Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sentimen Pemangkasan Suku Bunga BI Berlanjut, Rupiah Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah di pasar spot pagi ini, Jumat (19/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.12 WIB berada pada level Rp 14.060 per dollar AS atau melemah 0,25 persen (36 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.024 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah hari ini terdorong oleh ramainya sentimen negatif di pasar.

Sentimen negatif tersebut berupa, penurunan indeks global, pemangkasan suku bunga acuan BI dan juga penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun 2021.

“Rupiah berpotensi tertekan hari ini terhadap dollar AS seiring dengan penurunan indeks saham global. Selain itu, kebijakan pemangkasan suku bunga acuan BI juga membantu memberikan tekanan ke rupiah karena perbedaan yield dengan dollar AS kian menipis,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Kemarin, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan BI 7-day Repo Rate ke level 3,5 persen.

Di sisi lain, BI juga menurunkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 yang diperkirakan tumbuh pada kisaran 4,3 hingga 5,3 persen.

Angka ini lebih rendah dari proyeksi awal BI 4,8 hingga 5,8 persen.

“BI juga menurunkan angka prediksi pertumbuhan PDB 2021 karena kasus Covid-19 yang masih meninggi di Indonesia. Positivity rate Covid-19 di Indonesia masih tergolong tinggi dan hal ini menambah tekanan ke rupiah,” jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah berpeluang bergerak pada level Rp 14.000 per dollar AS sampai dengan Rp 14.050 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2021/02/19/094720126/sentimen-pemangkasan-suku-bunga-bi-berlanjut-rupiah-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke