Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Investasi di Sektor Air Bersih Sangat Kami Apresiasi

Hal itu disampaikan Luhut saat bicara dalam Penandatanganan Perjanjian KPBU SPAM Regional Jatiluhur, Jumat (19/2/2021).

"Investasi di sektor air (bersih) sangat kami apresiasi sebagai bagian upaya mencegah pandemi dan wabah lokal lainnya. Pandemi Covid-19 mengingatkan kita bahwa kesehatan dan ekonomi sangat terkait," kata dia.

Menurut Luhut, air bersih sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia. Sebab kata Luhut, air merupakan elemen dasar penting ketimbang minyak bumi dan BBM.

Oleh karena itu, akses terhadap air bersih sudah menjadi bagian dari kesehatan lingkungan dan pembangunan manusia berkelanjutan.

Selain itu, Luhut juga mengatakan keberadaan air bersih sangan penting untuk menunjang pariwisata. Tanpa adanya air bersih kata Luhut, kebersihan toilet di lokasi pariwisata tidak akan tercipta.

"Terkadang kalau kita bicara toilet atau WC, (dianggap) ketinggian kita sebagai pejabat berbicara. Padahal, itu adalah bagian daripada kebersihan yang ujung-ujungnya air juga. Tanpa air tidak akan ada kebersihan itu," ujarnya.

Saat ini, pemerintah sedang fokus terkait pembangunan dan pengelolaan toilet di sejumlah obyek wisata. Urusan tersebut menjadi tupoksi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, di bawah koordinasi Luhut.

Luhut bahkan mengungkap sudah menunjuk sebuah perusahaan bernama Mister Loo, untuk mengelola toilet di kawasan wisata Danau Toba. Mister Loo merupakan perusahaan startup asal Swiss yang bergerak di bidang sanitary toilet umum premium.

Pentingnya peran toilet dalam menarik wisatawan ini juga pernah diungkapkan Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini malah sudah membentuk Satgas Toilet Indonesia.

Satgas ini bakal bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia. Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2021/02/19/164407926/luhut-investasi-di-sektor-air-bersih-sangat-kami-apresiasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke