Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Bank Mandiri Bakal Salurkan KPR DP 0 Persen Buat Segmen Ini

Artinya, debitur bisa mendapat Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan DP 0 persen. Kedua aturan ini berlaku mulai Maret hingga tanggal 31 Desember 2021.

Merespons menanggapi kebijakan baru ini, Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, relaksasi LTV untuk KPR memang bakal menggarairahkan penyaluran kredit perseroan pada tahun ini.

Namun untuk tahap awal, perseroan bakal memberikan relaksasi kepada nasabah yang sudah memiliki kualitas baik menurut bank pelat merah ini.

"Misalnya nasabah yang ber-payroll di Bank Mandiri dan kalangan first home buyer, yang memang akan tinggal di rumah yang akan dibelinya," kata Rudi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/2/2021).

Pasalnya, limit uang muka hingga 0 persen ini otomatis bakal memiliki konsekuensi pembayaran angsuran yang lebih besar pula, dengan tenor yang bakal ditetapkan bank.

Untuk itu bank bersandi saham BMRI ini bakal lebih selektif menyalurkan KPR DP 0 persen.

"Perlu kita lihat kemampuan nasabah terutama pada kondisi ekonomi yang masih dalam tahap awal recovery ini," ungkap Rudi.

Adapun untuk terus menggenjot pertumbuhan kredit tahun ini, Bank Mandiri telah menyediakan suku bunga KPR yang menarik. Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 3,88 persen sejak Februari 2021.


Sebagai informasi, pertumbuhan kredit Bank Mandiri terkontraksi -1,61 persen secara tahunan (year on year/yoy) sepanjang tahun 2020.

Pertumbuhan kredit yang minus ini sedikit banyak berpengaruh pada laba perseroan saat restrukturisasi kredit masih tetap dijalani.

Namun kredit average balance Bank Mandiri secara konsolidasian masih tumbuh 7,08 persen (yoy) menjadi Rp 871,3 triliun sepanjang tahun 2020.

https://money.kompas.com/read/2021/02/22/100341126/simak-bank-mandiri-bakal-salurkan-kpr-dp-0-persen-buat-segmen-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke