Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersama BEI, Ajaib Sekuritas Menginisiasi 1.000 Program Generasi Saham

Seperti namanya, program itu berisikan 1.000 acara edukasi terkait literasi keuangan melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) dengan Kantor Perwakilan BEI di berbagai wilayah. Masuk dalam agenda yang sama, yakni pendirian Galeri Investasi BEI.

Adapun kegitaannya akan fokus pada daerah-daerah di Indonesia yang tingkat literasi keuangannya masih rendah.

Sejauh ini, acara sudah berjalan sampai ke Nusa Tenggara Barat dan Pulau Bangka. Di wilayah-wilayah itu, pihak Ajaib Sekuritas dan BEI melakukan kampanye edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya investasi saham juga perencanaan keuangan sejak dini bagi masyarakat, khususnya generasi milenial.

”Kami menyambut baik perencanaan program tersebut. Sebab, masa depan pasar modal Indonesia bergantung pada kematangan berinvestasi generasi milenial, serta gen Z yang menjadi target utama dari Ajaib Sekuritas,” urai Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Menurut Hasan, langkah yang dilakukan Ajaib Sekuritas juga sejalan dengan apa yang dilakukan BEI. Ia mengaku, selama ini BEI juga tak berhenti mengedukasi masyarakat bersama dengan stakeholders pasar modal lainnya.

Sebagai informasi, Ajaib Sekuritas melakukan kerja sama dengan BEI untuk menjalankan inisiatif literasi keuangan. Tujuannya untuk menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang sangat signifikan.

Dalam catatan BEI sepanjang 2020, ada penambahan 590.658 SID saham baru.Angka itu tumbuh 53,47 persen dibandingkan 2019.

Adapun 70 persen dari total investor saham baru pada 2020 didominasi kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun. Dengan edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga meningkat.

Berkomitmen untuk mengedukasi

Sebagai salah satu platform investasi saham online, Ajaib Sekuritas mengemban misi edukasi. Terlebih, berdasarkan trading frequency, Ajaib Sekuritas tercatat sebagai broker saham terbesar ke-4 di Indonesia sejak Januari 2021.

Hal itu yang kemudian mendasari Ajaib Sekuritas menginisiasi 1.000 Program Generasi Saham demi mendukung upaya BEI meningkatkan inklusi serta literasi keuangan dalam negeri melalui edukasi.

“Melalui 1.000 Program Generasi Saham, Ajaib Sekuritas dan BEI yakin, pasar modal Indonesia akan tumbuh pesat dengan jumlah investor ritel domestik yang meningkat dan mendominasi pasar,” ujar CEO Ajaib Group Anderson Sumarli.

Anderson juga menambahkan bahwa program tersebut menjadi pelopor kerja sama edukasi dengan BEI yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Masa depan pasar modal Indonesia ada di tangan milenial. Saya yakin, milenial akan mendorong pertumbuhan pasar modal di Indonesia dalam waktu dekat. Menurut saya, edukasi sangat penting untuk memastikan generasi muda Indonesia memahami pentingnya berinvestasi sejak dini. Untuk itu kami mendukung BEI dalam mengedukasi masyarakat," jelas Anderson.

Sebagai informasi, SPM adalah program edukasi yang dilakukan secara berkala oleh BEI dan telah tersebar di seluruh Indonesia.

Masyarakat umum dapat menjadi peserta kegiatan edukasi tanpa dipungut biaya. Lewat SPM, peserta akan diajarkan pengetahuan dasar pasar modal dan dibekali kemampuan melakukan analisa investasi untuk mengambil keputusan berinvestasi di pasar modal.

Salah satu tujuan diselenggarakan program SPM adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar investasi. Melalui SPM, masyarakat diharapkan tertark berinvestasi di pasar modal. Setelah mengikuti SPM, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan SPM.

Sementara itu, Galeri Investasi BEI adalah sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini di dunia akademisi.

BEI bersama sekuritas melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi serta berbagai institusi dengan komitmen untuk memperkenalkan pasar modal bukan dari sisi teori saja, melainkan juga dari sisi praktiknya.

Ajaib Sekuritas juga akan menginisiasi kelas edukasi daring atau online, serta serangkaian kegiatan edukasi lainnya bersama dengan BEI di lingkungan akademisi.

“Ajaib berkomitmen untuk mendukung upaya BEI dalam meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal di Indonesia, terutama untuk daerah-daerah yang belum pernah dijangkau edukasi keuangan,” ujar AVP of Partnership Ajaib Victoria Katrina.

Victoria menjelaskan, pihaknya menggunakan teknologi untuk menjangkau mereka dan memberikan edukasi. Sejauh ini, mereka sudah melaksanakan kelas edukasi online bersama Kantor Perwakilan BEI di ebberapa wilayah, yakni Banten, Sulawesi Tengah dan Bengkulu.

“Edukasi ini akan terus berlanjut hingga Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Dengan menggunakan Instagram Live dan Zoom, program edukasi Ajaib dan BEI telah diikuti oleh ribuan masyarakat,” tambahnya.

Ia juga memaparkan, kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan antusias dan semangat masyarakat untuk belajar investasi saham.

Buktinya, peserta tak hanya dari kota besar. Victoria menceritakan, salah satu pengusaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sekaligus investor di Ajaib yang berasal dari daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan bernama Suratno, rajin mengikuti edukasi online yang diadakan oleh Ajaib lewat Instagram Live.

Bahkan, pengusaha itu mewajibkan seluruh karyawannya untuk mengikuti edukasi online Ajaib bersama-sama selepas jam kerja.

“Kami bangga dapat membantu Mas Suratno dan karyawannya, juga ribuan masyarakat Indonesia lainnya dalam memperkenalkan investasi melalui edukasi,” ujar Victoria.

Sepanjang 2021, Ajaib berkomitmen melakukan kampanye edukasi bagi generasi muda Indonesia tentang pentingnya investasi dan keuangan pribadi sejak usia muda. Kampanye ini dilakukan melalui platform media sosial. Selain itu, Ajaib juga menyediakan konten edukasi di aplikasiya.

https://money.kompas.com/read/2021/02/23/160014426/bersama-bei-ajaib-sekuritas-menginisiasi-1000-program-generasi-saham

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke