Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyelundupan Benur Marak, KKP Lepasliarkan Lagi Ribuan Benih Lobster

Pelepasliaran dilakukan di Desa Caringin, Padeglang, melalui Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) KKP.

Kepala LPSPL Serang, Syarief Iwan Taruna Alkadrie mengatakan, 4.153 ekor benih lobster terdiri dari 3.868 benih lobster pasir dan 285 benih lobster mutiara.

"Ini merupakan kegiatan pelepasliaran BBL kedua pada tahun 2021 di wilayah kerja LPSPL Serang. sebelumnya dilakukan pada tanggal 21 Januari 2021, dengan jumlah benih lobster yang dilepaskan 16.975 ekor," kata Iwan dalam siaran pers, Sabtu (27/2/2021).

Iwan menyebut, lokasi pelepasliaran terletak pada koordinat 6°20'51,66" LS dan 105°49'23 20" BT di kedalaman 0-5 meter dan kondisi substrat pasir berkarang.

Keadaan perairan saat pelepasliaran sedang surut dan gelombang air relatif tenang dengan cuaca cerah dan berangin. Perairan Desa Caringin dipilih atas pertimbangan kondisi perairan yang dinilai sesuai untuk tumbuh kembang benur.

“Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Trenggono untuk memastikan kelestarian biota laut dan keberlanjutan populasinya untuk kesejahteraan bangsa dan generasi yang akan datang,” ujar Iwan.

Iwan pun merinci awal mula benur selundupan bisa ditemukan. Pihaknya menduga ada tindak pidana penyelundupan benih lobster di pesisir Binuangeun, Kabupaten Lebak, Banten.

Dugaan ini kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan pada tanggal 20 Februari 2021 yang dilakukan oleh Tim Opsnal (buru sergap) Subdit Intelair, bersama ABK Kapal Patroli (KP) Sanjaya - 7017 dan PSDKP di wilayah Binuangeun.

Hasil pemeriksaan membuahkan hasil. Terdapat ribuan benih lobster di tempat perkara yang sudah dikemas dan diberi oksigen. Diduga benur lobster akan dijual ke bandar penampung.

Selanjutnya, terduga pelaku dan benih lobster diamankan untuk dibawa ke KP. Sanjaya - 7017 guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Barang bukti berupa benih lobster diserahkan dari Ditpolair Korpolairud Baharkam POLRI kepada LPSPL Serang.

“Ditpolair Korpolairud Baharkam POLRI telah berkoordinasi dengan Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Merak, Pangkalan PSDKP Jakarta dan LPSPL Serang untuk menindaklanjuti hasil sitaan tersebut,” pungkas Iwan.

https://money.kompas.com/read/2021/02/27/191800226/penyelundupan-benur-marak-kkp-lepasliarkan-lagi-ribuan-benih-lobster

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke