Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI Ungkap 4 Tantangan Adopsi AI di Dalam Negeri

Namun, implementasi AI di industri perbankan masih memiliki tantangan. Direktur Digital dan TI Bank BRI, Indra Utoyo mengatakan, ada empat tantangan mengadopsi AI di industri perbankan.

"Tantangannya ada empat, dari sisi data, sumber daya manusia, etika dan regulasi, serta riset dan inovasi," kata Indra dalam diskusi implementasi AI untuk digital banking secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Dari sisi data, masih minimnya kuantitas dan kualitas data unik milik Indonesia yang bersifat terbuka. Selama ini perbankan mengembangkan data secara tertutup dan terbatas sebelum akhirnya beralih ke open banking.

"Dari AI core-nya itu data yang berguna untuk memberikan modelling dan outcome prediction. Menang data ini jadi the most important enabler," ucap Indra.

Pengadopsian AI yang menjadi hal baru bagi industri juga membuat talenta alias SDM di dunia digital ini menjadi langka. Untuk itu lembaga pendidikan perlu bekerjasama dengan industri membentuk talenta tersebut.

”Elemen etika dan regulasi juga sangat penting, payung hukum perlu tersedia. Riset dan inovasi harus terus tumbuh sehingga menciptakan keunggulan. Kebetulan ekosistem (startup) Indonesia kondusif, tinggal tantangannya di kolaborasi bersama dengan akademisi, industri, komunitas, dan lain-lain," papar Indra.

Namun kata Indra, ada beberapa peluang yang terlihat AI berkembang pesat di Indonesia. Pemerintah sudah memulai pelaksanaan Program Satu Data Indonesia melalui Perpres Nomor 39 Tahun 2019. Perpres dibentuk untuk kebutuhan berbagi demi kemajuan riset dan pengembangan inovasi digital.

Pemerintah juga membentuk Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia dengan 5 bidang prioritas, yaitu layanan kesehatan, reformasi birokrasi, pendidikan dan riset, ketahanan pangan, serta mobilitas dsn kota cerdas.

Dalam rencana induk pembangunan industri nasional tahun 2015-2035, disebutkan juga beberapa layanan di sektor unggulan yang perlu diterapkan AI yaitu layanan publik, pertanian dan maritim, energi dan utilitas, rantai pasok, pertahanan dan keamanan, serta keuangan dan ritel," pungkas Indra.

https://money.kompas.com/read/2021/03/04/103200526/bri-ungkap-4-tantangan-adopsi-ai-di-dalam-negeri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke