Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunakan Platform Digital untuk Dongkrak Penjualan, UMKM Wajib Perhatikan Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanfaatkan platform digital adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan lini usaha, khususnya bagi pelaku UMKM.

Hanya saja, masih banyak UMKM yang walaupun sudah terjun ke platform digital, penjualannya tidak menunjukkan adanya peningkatan.

Chief Operating Officer Chicken Holic Randy Raharja mengatakan, ada satu hal yang harus diperhatikan agar penjualan usahanya bisa meningkat ketika memanfaatkan platform digital.

"Caranya itu adalah terlebih dahulu, pengusaha harus mengetahui atau mempelajari bagaimana customer behavior, atau bagaimana kita harus tahu pola pembelian produk kita," ujar Randy dalam Bincang Virtual Bersama ShopeePay, Kamis (4/3/2021).

Menurut Randy, kebanyakan para pebisnis tidak paham siapa yang membeli produknya, tidak mengetahui bagaimana karakter pembeli, berapa banyak variasi atau tipekal customer yang datang membeli.

Dia mengatakan, ketika hal ini sudah dilakukan dan mengenali customer behavior, maka fungsi dari platform digital untuk bisnisnya pun bisa lebih efektif lagi.

"Kenapa? Karena sayang saja, ketika kita sudah memanfaatkan platform digital, tapi enggak tahu customer behavior kita itu seperti apa, sia-sia saja. Makanya sebelum memanfaatkan platform digital, kita tahu dulu siapa pembeli kita," jelas Randy.

Selain itu, Randy mengatakan, dalam memanfaatkan platform digital, jangan hanya menggunakan digital sebagai metode pembayaran.

Ada berbagai jenis platform media yang bisa digunakan seperti memanfaatkan halaman khusus digital untuk berjualan atau mengiklankan produk melalui media sosial.

Di samping itu, dalam mengiklankan produk, pebisnis bisa memanfaatkan para content creator mulai dari level mikro atau makro.

Jangan lupa juga untuk mengkaji bagaimana polanya.

"Jangan cuma sebatas membayar content creator saja, tapi bisa lakukan pendekatan agar content creator yang kita pakai itu tidak terlihat seperti penjualan. Makanya dibutuhkan pendekatan," ungkap Randy.

https://money.kompas.com/read/2021/03/04/125900226/gunakan-platform-digital-untuk-dongkrak-penjualan-umkm-wajib-perhatikan-hal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke