Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Laris Jualan Online di Platform E-commerce

Hanya saja tak banyak seller yang tahu cara agar bisa memiliki pelanggan yang ramai sehingga membeli produk lebih dari sekali.

SVP traffic Operation sellers engagement Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro membeberkan tips agar produk yang dijual laris dibeli pelanggan.

"Yang paling penting itu adalah isi konten atau halaman penjualanan kita di e-commerce itu. Ibaratnya adalah jadikan halaman penjualan kita itu SPG-nya (Sales Promotion Girl.) kita. Makanya usahakan membuat konten di halaman penjualan kita benar-benar bagus dan sekali lirik, pelanggan suka," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Menurut Haikal, dalam mengelola konten ada 4 hal yang perlu diperhatikan yaitu foto produk, judul produk, kategori produk yang tepat, dan detail produk.

Pertama, membuat foto produk tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hanya membutuhkan kain putih sebagai background dan smartphone yang tidak terlalu mahal pun bisa membuat foto produk yang bagus dan menarik.

Dia mengatakan, banyak seller membuat foto produk asal jadi. Imbasnya, para pelanggan tidak ada yang tertarik untuk membeli.

Kedua, judul produk. Dalam membuat judul produk, dibutuhkan judul yang komplet dan tentunya menarik.

Ketiga, masukkan produk ke kategori yang tepat. Dia menjelaskan, biasanya di paltform e-commerce para seller diminta memilih kategori apa yang sesuai dengan produk yang dijual.

Oleh sebab itu, jangan sampai produk yang harusnya ada di kategori makanan justru dimasukan ke kategori pakaian.

"Empek-empek kan makanan, masukan ke kategori makanan. Kalau dimasukan ke kategori pakaian enggak akan keluar produk Anda," kataa dia.

Keempat, detail produk. Dalam deskripsi produk, seller harus menulis deskripsinya secara detail. Bila seller menjual seprai atau bed cover, maka pada bagian deskripsi perlu ditulis bahan seprai, warna, atau bila perlu cara mengunci seprai tersebut.

"Jadi ini semua enggak ada cost-nya, enggak ada harganya. Intinya kalau mau jualan online laku memang butuh effort jangan cuma tinggal posting sudah, tinggal tunggu pembeli, enggak akan ada itu," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/03/05/145133826/4-tips-laris-jualan-online-di-platform-e-commerce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke