Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UMKM Ingin Naik Kelas? Ini Kata Dirut SMESCO

Menurut dia, salah satu penghambatnya adalah kurangnya kesadaran atau keinginan UMKM untuk melegalkan usahanya.

"Melegalkan usaha itu penting. Makanya UMKM harus punya kesadaran dan keinginan untuk melegalkan usahanya sendiri, kalau tidak memiliki legal atau tidak melegalkan usahanya dia tidak akan naik kelas," ujar Leonard dalam konferensi pers Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan yang disiarkan secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Dia mengatakan, pelaku UMKM yang tidak memiliki izin atau pun tidak memiliki kapasitas data transaksi yang tercatat  akan sulit untuk lebih berkembang lagi.

"Kenapa? Karena ini penting, ini step awal dan saya rasa ini menjadi poin utama dan penting untuk menjadi UMKM yang naik kelas. Kalau mau naik kelas, yah legalkan usahanya," ungkapnya.

Selain itu lanjut dia,  UMKM juga membutuhkan pelatihan atau pendampingan supaya bisa mengembangkan usahanya.

Terkait hal itu, Leonard mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) termasuk Smesco, memiliki beragam program untuk memberikan pelatihan serta pendampingan bagi UMKM yang ingin naik kelas.

"Kita ada banyak program di Smesco, ada banyak webinar webinar yang bisa diikuti oleh UMKM. Webinarnya kami kemas dalam berbagai materi yang mengajarkan cara mengembangkan usaha ataupun banyak lainnya. Pelatihannya bisa diikuti," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/03/10/140754826/umkm-ingin-naik-kelas-ini-kata-dirut-smesco

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke