Salin Artikel

Menperin Rayu Mazda Tanam Investasi di Indonesia

Ia menjelaskan, rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih rendah. Oleh sebab itu, peluang investasi di Tanah Air dalam sektor otomotif dinilai cukup besar.

"Kami melakukan pertemuan dengan Mazda dan mereka akan segera mempertimbangkan serta melakukan perhitungan terhadap kebutuhan investasi di Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/3/2021).

Rencanananya, Menperin akan kembali ke Jepang pada Mei 2021. Salah satu agendanya yakni bertemu dengan Mazda untuk membicarakan terkait rencana investasi di Indonesia.

"Nanti ketika kami kembali ke Jepang, dan mudah-mudahan pada bulan Mei setelah Lebaran nanti kita akan mendengar dari Mazda progresnya terhadap kemungkinan mereka akan melakukan investasi di Indonesia, membuka pabrik," kata Menperin.

Sebelumnya, pada hari pertama kunjungan kerja ke Jepang, Menperin Agus melakukan empat agenda pertemuan, di antaranya dengan produsen sepatu asal Jepang ASICS, asosiasi bisnis Jepang KEIDANREN, Japan External Trade Organization (JETRO), dan perusahaan otomotif Mitsubishi Motor Corporations.

Menperin menyebutkan, dari hasil pertemuan dengan Mitsubishi, prinsipal otomotif asal Jepang tersebut berkomitmen menambah investasi sebesar Rp 11,2 triliun pada akhir tahun 2025 dengan proyeksi terjadi peningkatan kapasitas produksi, dari 220.000 menjadi 250.000 unit.

Selain itu, Mitsubishi juga berkomitmen akan memberikan izin tambahan ekspor ke sembilan negara dari tadinya 30 negara menjadi ke 39 negara. Politisi Golkar ini juga mendorong agar Mitsubishi melakukan ekspor mobil ke Australia, mengingat perjanjian kerja sama antara kedua negara (IA-CEPA) telah berjalan.

https://money.kompas.com/read/2021/03/11/213532426/menperin-rayu-mazda-tanam-investasi-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.