Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terbukti Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Rute Tol Laut Nunukan Ditambah

NUNUKAN, KOMPAS.com - Hadirnya tol laut di perbatasan Indonesia-Malaysia, termasuk Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dinilai memudahkan masyarakat sekitar mendapat kebutuhan pokok dan bahan bangunan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Nunukan, Capt. Yohanis Tedang menyebut, masyarakat memanfaatkan tol laut untuk menerima kiriman (consignee) maupun mengirimkan (shipper/shipping).

Dengan demikian, warga sekitar mendapat akses untuk mengirimkan produk unggulan di kawasan itu.

Bahkan, banyaknya potensi produk unggulan di Nunukan membuat rute tol laut bertambah tahun ini, dengan tujuan Pulau Jawa melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Produk mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya beredar di dalam pulau atau sekitar situ saja. Otomatis ada peningkatan juga dari segi finansial mereka," ungkap Tedang dalam siaran pers, Jumat (12/3/2021).

Tak heran, imbuh Tedang, masyarakat sekitar menjadikan tol laut sebagai andalan.

Jadwal dan rutenya teratur, sekaligus tarifnya murah karena ada subsidi.

"Dengan adanya tol laut yang disiapkan oleh pemerintah sangat membantu kebutuhan masyarakat di perbatasan, khususnya di Kabupaten Nunukan yang bersebelahan langsung dengan Malaysia," ujar Tedang.

Adapun barang yang dibawa melalui tol laut menuju Nunukan meliputi bahan bangunan, kayu, besi, semen, mie, tepung, air mineral, pakan ayam, dan kebutuhan pokok lainnya.

Bahan pokok di wilayah itu memang kebanyakan berasal dari Tawao, Malaysia.

Sementara produk unggulan yang dikirimkan dari Nunukan adalah rumput laut dan produk lokal lainnya.

"Ada dua kapal yang beroperasi ke wilayah Nunukan yakni KM Kendhaga Nusantara 6 pelabuhan asal Makassar dan KM Kawas Mas, pelabuhan asal Tanjung Perak Surabaya," ucao Tedang.

Sebagai informasi, tol laut merupakan program pengangkutan logistik laut untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di nusantara.

Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut.

Tujuannya untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal.

https://money.kompas.com/read/2021/03/12/115908426/terbukti-tingkatkan-ekonomi-masyarakat-rute-tol-laut-nunukan-ditambah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke