Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produk Sepatu Lokal Bisa Jadi Raja di Negeri Sendiri

Jumlah peminatnya pun meningkat signifikan. Bahkan, Tokopedia mencatatkan transaksi penjualan untuk merek sepatu lokal mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat.

Salah satu kolektor sepatu, Denis Juharman mengatakan, saat ini para pengusaha atau UMKM yang berada di industri sepatu mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

"Saya sendiri melihat dari tahun kemarin hingga saat ini walaupun pandemi, semakin banyak merek-merek sepatu lokal yang bermunculan yang juga menawarkan kreativitas dan kualitas mereka," ujarnya dalam Webinar: Bersebelas #MelangkahBareng Tokopedia yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (12/3/2021).

Bahkan menurut Denis, sepatu merek lokal buatan UMKM Indonesia, tidak kalah saing dengan brand-brand yang berasal dari luar negeri.

Hal ini didorong oleh meningkatnya tingkat kesadaran konsumen Indonesia yang bangga memakai produk-produk lokal. Selain itu, banyak juga masyarakat yang sangat mengapresiasi produk sepatu buatan lokal.

Pada 2021, Denis yakin akan semakin banyak lagi para pengusaha sepatulokal yang muncul dan dibarengi dengan tingkat inovasi dan kreativitas yang tak kalah saing. Bahkan, produk-produk sepatu lokal buatan UMKM diprediksi akan mendominasi di pasar lokal.

"Semoga saja kita enggak jadi tamu di negara kita sendiri tapi bisa jadi raja dan menjadi brand yang cukup diperhitungkan di masyarakat kita," kata dia.

Sementara itu Founder Never Too Lavish Bernhard Suryanigrat juga mengatakan hal yang serupa. Dia mengakui bahwa brand lokal saat ini memang memiliki kualitas yang tidak kalah saing dengan pemain yang lain.

"Bukan sekadar punya brand doang mereka, tapi UMKM kita itu, pemain brand lokal kita itu sudah memikirkan secara kualitas, secara teknologinya juga," kata Bernhard.

Bahkan menurut Bernhard, beberapa pabrik pembuatan sepatu lokal yang pernah ia kunjungi, juga sangat berkualitas.

"Artinya apa, sepatu lokal buatan UMKM kita itu bukan yang kelas ecek-ecek, pabrikannya saja sudah oke, sudah profesional banget," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2021/03/12/162555826/produk-sepatu-lokal-bisa-jadi-raja-di-negeri-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke