Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kekayaannya Tembus Rp 1.440 Triliun, Buffet Masuk Klub 100 Miliar Dollar AS

Nama Buffet selalu masuk dalam daftar orang terkaya dunia selama beberapa dekade, meski dalam beberapa tahun terakhir namanya melorot karena peningkatan saham teknologi milik miliarder lain, seperti Jeff Bezos.

Namun saat di usia yang tidak lagi muda, kekayaan bersih Buffet melampaui 100 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.440 triliun. Dengan begitu, pria berusia 91 tahun ini merupakan orang keenam yang masuk dalam "klub 100 miliar dollar AS".

Mengutip Bloomberg Billionaires Index, Sabtu (13/3/2021), klub itu diisi oleh Pendiri Amazon Jeff Bezos, CEO Tesla Elon Musk, dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Kekayaan klub 100 miliar dollar AS itu telah berkembang pesat didorong oleh stimulus pemerintah AS, kebijakan bank sentral, dan lonjakan pasar saham.

Pada Rabu lalu, Presiden AS Joe Biden mengesahkan stimulus senilai 1,9 triliun dollar AS atau setara dengan Rp 26.600 triliun.

Sumber kekayaan Buffet kebanyakan berasal dari Berkshire Hathaway Inc. Saham perusahaan sudah naik 15 persen tahun ini. Sahamnya naik berkat usahanya sendiri melakukan buyback.

Pada tahun 2020, Buffett membuat rekor dengan membeli saham senilai 24,7 miliar dollar AS. Dalam dokumen pengajuan, setidaknya dia telah membeli 4,2 miliar dollar AS saham hingga pertengahan Februari.

Pembelian kembali saham akhirnya disambut baik oleh investor, setelah pasar ketakutan turunnya kinerja perusahaan itu akibat pandemi Covid-19.

Buffet juga merupakan pendiri Giving Pledge, sebuah kampanye mendorong filantropi. Dia telah menyumbang lebih dari 37 miliar dollar AS saham Berkshire kepada Giving Pledge sejak tahun 2006.

Jika tak melakukan sumbangan, sebetulnya saham kelas A Berkshire akan bernilai lebih dari 192 miliar dollar AS hari ini. Minggu ini, saham Berkshire mencapai rekor tertinggi, memimpin kenaikan di indeks S&P 500.

https://money.kompas.com/read/2021/03/13/083000926/kekayaannya-tembus-rp-1.440-triliun-buffet-masuk-klub-100-miliar-dollar-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke