Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bitcoin Tembus Rp 800 Juta, Masih Berpotensi Menguat?

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, bitcoin masih akan mungkin kembali melewati level tertingginya dalam waktu dekat.

Banyak pihak memprediksi harga Bitcoin jauh lebih tinggi dari harga sekarang. JP Morgan misalnya, memprediksi harga Bitcoin bisa tembus Rp 2,4 miliar.

“Setelah sempat mengalami penurunan selama beberapa pekan karena pasar jenuh, Bitcoin dan Ethereum kembali menapaki level tertingginya," kata Oscar Darmawan dalam siaran pers, Sabtu (13/3/2021).

Oscar menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan bitcoin kembali mencapai level tertingginya. Salah satunya karena kenaikan permintaan setelah AS meloloskan stimulus 1,9 triliun dollar AS untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu berdampak kepada penurunan mata uang, dan beberapa instrumen investasi. Begitupun berdampak terhadap perekonomian seluruh dunia sehingga orang-orang memilih Bitcoin untuk mengamankan aset.

“Investor tetap ingin mengamankan asetnya dengan investasi. Dengan kondisi itu, orang beralih ke Bitcoin karena tidak terpengaruh langsung dengan kebijakan pemerintah. Bitcoin mengadopsi teknologi blockchain yang bersifat tidak terpusat,” ungkap Oscar.

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi Bitcoin adalah makin masifnya adopsi bitcoin oleh korporasi. Salah satu yang mengadopsi adalah Grup Hotel terbesar di dunia, yaitu Luxury US Hotel Group.

Hotel ini memberikan fitur pembayaran dengan kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, DOGE, dan lainnya.

“Masih ada sederet perusahaan-perusahaan lain yang ingin membeli Bitcoin. Mereka ingin mencatatkan kenikan aset seperti apa yang dilakukan oleh Tesla, Microstrategy dan beberapa perusahaan-perusahaan lainnya yang sudah membeli Bitcoin,” pungkas Oscar.

https://money.kompas.com/read/2021/03/13/144319926/harga-bitcoin-tembus-rp-800-juta-masih-berpotensi-menguat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke