Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KURASI KOMPASIANA] | Street Workout Masyarakat Urban | Olahraga di Rumah yang Mudah | Jangan Berolahraga karena Tren Semata

KOMPASIANA---Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, namun masih sering kali terabaikan.

Sebagian orang enggan berolaharga disebabkan kurangnya motivasi dari dalam diri individu itu sendiri sehingga timbul rasa malas.

Padahal, olahraga dapat memberikan ragam manfaat, seperti menjaga kesehatan tubuh, memperkuat tulang dan otot, memperlancar peredaran darah, hingga memperlampat proses penuaan kulit.

Bagi Anda yang masih malas menjalankan olahraga, Anda dapat mengatasinya dengan ragam cara, seperti tentukan olahraga yang menurut Anda menyenangkan.

Mulailah dengan durasi yang singkat, tetapkan target dan motivasi supaya semangat serta pastikan jangan hanya mengikuti tren lalu kemudian berhenti.

Berikut 3 artikel menarik terkait olahraga yang dapat dilakukan selama pandemi hingga jangan menjadikan olahraga hanya sebuah tren.

1. Street Workout, Si Urban untuk Olah Badan

Bagi sebagian orang, mungkin masih asing dengan istilah olahraga kalistenik. Namun tahukah Anda, bahwa olahraga ini belakangan menjadi populer di kalangan masyarakat urban?

Olahraga kalistenik disebut sebagai street workout lahir dari ketidakmampuan akses ekslusifitas gym dan keinginan pegiat olaharaga mencari suasana yang berbeda, yakni dengan memanfaatkan alam terbuka.

Karena olahraga kalistenik merupakan olahraga yang memanfaatkan berat tubuhnya sendiri, berbeda dengan gym yang memanfaatkan beban di luar tubuhnya seperti barbel, dumbel dan lain sebagainya.

Sehingga, seseorang yang menekuni kalistenik, ia harus mampu menopang berat badannya dengan baik. Inilah idealisme dari kalistenik, yakni menciptakan tubuh yang ideal. (Baca Selengkapnya)

2. Olahraga di Rumah yang Mudah Sekaligus Menambah Nasionalisme

Meski harus melakukan aktivitas dari rumah, bukan berarti Anda tidak bisa bebas melakukan berbagai kegiatan lainnya, termasuk kegiatan olahraga.

Olahraga yang menyenangkan dan mudah dilakukan di rumah adalah senam kesehatan jasmani atau SKJ.

Sewaktu kecil, Anda pasti pernah melakukan senam kesehatan jasmani di sekolah? Senam ini tidak hanya ditujukan kepada anak-anak, orang dewasa pun juga dapat melakukannya di rumah.

Gerakan yang mudah membuat siapa saya dapat melakukan senam ini. Biasanya lagu-lagu daerah pun diputar supaya dapat menambar rasa semangat ketika berolahraga. (Baca Selengkapnya) 

3. Jangan Berolahraga karena Tren Semata

Jika melihat jauh ke belakang, berolahraga di gym atau melakukan olahraga secara berkelompok banyak diminati. Namun sejak pandemi melanda dan ditututpnya pusat kebugaran, tren aktivitas olahraga tersebut pun berubah menjadi home workout.

Setelah diberlakukan new normal, kini aktivitas olahraga di luar rumah, seperti jogging, aerobik, hingga bersepeda pun menjadi tren.

Bahkan untuk menunjang aktivitas olahraga tersebut, masyarakat rela untuk membeli peralatan olahraga hingga merogoh kocek yang cukup dalam.

Kompasianer, Irmina Gultom memberikan pandangannya terkait tren olaharaga, khususnya bersepeda.

Ia merasa miris bahwa kesadaran olahraga bersepeda yang dilakukan masyarakat justru dipicu dengan adanya pandemi Covid-19, bukannya murni dari keinginan diri sendiri untuk menjalani gaya hidup sehat dan mengurangi polusi udara. (Baca Selengkapnya)

(FIN)

https://money.kompas.com/read/2021/03/15/140823626/kurasi-kompasiana-street-workout-masyarakat-urban-olahraga-di-rumah-yang-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke