Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Dana Rp 5 Juta untuk Investasi? Ini Cara Memaksimalkan Nabung di Reksa Dana

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika Anda memiliki dana nganggur, tentunya akan sia-sia jika hanya didiamkan saja.

Beberapa instrumen investasi bisa Anda pilih untuk meletakkan uang Anda agar terus bertumbuh, salah satunya investasi di reksa dana.

Lalu, berapa kira-kira profit atau imbal hasil yang akan Anda terima jika nominal investasi pertama Anda sebesar Rp 5 juta?

Perencana Keuangan dari OneShield Budi Rahardjo mengatakan, besar kecilnya keuntungan yang akan diterima oleh investor reksa dana tentunya berbeda-beda, tergantung pilihan instrumen reksa dana, tujuan, dan risikonya.

Menurut dia, jika seorang investor memiliki dana ngangur sebanyak Rp 5 juta dengan profil risiko moderat serta tujuan jangka pendek hingga menengah, maka pilihan reksa dana yang cocok adalah reksa dana campuran.

Menurut dia, investasi akan lebih menguntungkan jika investasi tersebut juga dilakukan secara reguler.

Investasi reguler ini bisa dilakukan secara kuartalan, bulanan, atau tahunan.

“Misalnya menggunakan bonus, atau dana dingin lainnya untuk menambah investasinya secara reguler. Ini bisa memudahkan si investor tadi mencapai tujuan investasinya,” jelas Budi kepada Kompas.com.

Selanjutnya, Budi mengimbau agar investor memasang target profit yang realistis.

Investor harus tahu jika ingin mendapai target Rp 20 juta dalam 3 tahun, tentunya ada 2 elemen yang perlu diperhatikan.

Pertama, berinvestasi secara rutin, dan memilih reksa dana yang pengelolaan bagus, sehingga bisa memberikan hasil pengembangan di luar modal investor.

“Profit harus realistis, jika menempatkan dana Rp 5 juta, tidak mungkin kan berharap imbal hasil 100 persen dalam setahun?” ungkap Budi.

Sebagai contoh, jika Anda memilih reksa dana campuran dengan imbal hasil 12,4 persen per tahun, maka profit atau keuntungan yang Anda peroleh sekitar Rp 600.000 dalam setahun.

Dengan kata lain, total dana Anda berpeluang meningkat menjadi Rp 5,6 juta dalam kurun waktu satu tahun.

Sementara itu, jika Anda berinvestasi pertama kali Rp 5 juta, dan dilanjutkan dengan investasi reguler sebesar Rp 1 juta per bulan, maka dalam satu tahun total investasi Anda akan mencapai Rp 17,18 juta, dan selama 5 tahun potensi imbal hasil Anda sebesar Rp 3,9 juta.

https://money.kompas.com/read/2021/03/15/144229126/punya-dana-rp-5-juta-untuk-investasi-ini-cara-memaksimalkan-nabung-di-reksa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke