Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2020, Laba Bersih Bank BJB Tumbuh 8 Jadi Rp 1,7 Triliun

"Nilai aset perseroan juga ikut tumbuh 14,1 persen (y-o-y) menjadi Rp 140,9 triliun," ujar Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (15/3/2021).

Adapun penyaluran kredit mengalami pertumbuhan 9,1 persen (y-o-y) menjadi Rp 95,2 triliun. Sementara dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 19,1 persen secara tahunan sebesar Rp 106,5 triliun.

"Pertumbuhan ini berada di atas tingkat pertumbuhan baik industri perbankan nasional maupun kelompok Bank Pembangunan Daerah," tutur Yuddy.

Dari segi risiko kredit, Bank BJB menekan rasio kredit macet di mana tingkat non performing loan (NPL) bank bjb terjaga di level 1,4 persen atau turun 18 basis poin dan bertahan di bawah rata-rata NPL industri perbankan nasional per Desember sebesar 3,06 persen.

Capaian tersebut, sambung Yuddy, diperoleh berkat bisnis model bank yang resilient dan kemampuan adaptasi perusahaan yang agile sehingga kinerja perseroan senantiasa berada di dalam jalur yang sesuai harapan.

Berbagai inovasi teknologi juga dilakukan guna merespon kebutuhan pasar sekaligus memberikan kemudahan kepada nasabah di era yang serba cepat.

Seperti beberapa produk inovatif yang diluncurkan 2020. Seperti uang elektronik bjb DigiCash, platform mobile banking bjb Digi yang kini dapat melayani proses pengajuan kredit perbankan.

Ada juga beberapa terobosan seperti sistem lelang E-Procurement dan adopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Payment.

"Infrastruktur digital menjadi salah satu fokus perseroan yang akan terus dioptimalisasi," tutur dia.

Selain itu, untuk menjaga permodalan khususnya Tier-1 rasio dalam mendukung ekspansi usaha, bank bjb akan mengajukan program penambahan modal melalui HMETD pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2020 yang akan diselenggarakan 6 April 2021.

Bank bjb akan melakukan penerbitan sebanyak-banyaknya 925.000.000 saham Seri B baru atau sebesar 9,40 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan.

https://money.kompas.com/read/2021/03/15/163747926/2020-laba-bersih-bank-bjb-tumbuh-8-jadi-rp-17-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke