Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bentuk BPA Bumiputera, OJK Pertemukan Manajemen dengan Pemegang Polis

Fasilitasi ini akhirnya dilakukan OJK karena sebelumnya manajemen AJBB belum melakukan pertemuan pemegang polis yang juga merupakan pemegang saham perusahaan mutual seperti AJBB.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II M. Ihsanuddin menilai pertemuan terselenggara cukup baik karena membahas masa depan Bumiputera, seperti pembentukan Panitia Pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA).

“Pertemuan ini akhirnya bisa menjadi forum musyawarah antara manajemen, SP NIBA, dan berbagai kelompok/perkumpulan pemegang polis yang merupakan pemilik dari AJBB yang selama ini sulit untuk dipertemukan," kata Ihsanuddin dalam siaran pers, Rabu (17/3/2021).

Terkait Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJBB, masa tugasnya telah berakhir sejak 26 Desember 2020.

Hal ini berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM telah disampaikan melalui surat OJK No.S-34/NB.23/2020 tanggal 28 Desember 2020.

Untuk itu wakil beberapa kelompok pemegang polis, serikat pekerja, dan asosiasi agen menyepakati pembentukan panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJBB sesuai dengan AD AJBB.

"(Mereka) sepakat mengusulkan kepada direksi AJBB nama-nama perwakilan sebagai panitia pemilihan anggota BPA baru," ujarnya.

Panitia pemilihan anggota BPA berjumlah 15 orang. Panitia terdiri dari unsur pemegang polis, asosiasi agen, dan serikat pekerja.

"Pemilih akan memilih 11 anggota BPA baru dari 11 daerah pemilihan sesuai anggaran dasar AJBB dan akan dilakukan melalui e-voting," pungkas Ihsanuddin.

Sebagai informasi, pertemuan antara kedua belah pihak juga merumuskan implementasi Pasal 38 Anggaran Dasar AJBB, mekanisme penyampaian informasi kondisi AJBB kepada para pemegang polis, dan ketentuan lain-lain.

Selain Ihsanuddin, pertemuan dihadiri oleh Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo, Deputi Komisioner Hukum dan Penyidikan Rizal Ramadhani, dan Horas Tarihoran dari bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Sementara dari manajemen AJBB hadir Direksi Dena Chaerudin, Komisaris Independen Zaenal Abidin, dan Komisaris Independen Erwin T. Setiawan. Namun dua orang komisaris ini meninggalkan pertemuan tanpa pemberitahuan

Adapun dari perkumpulan pemegang polis AJBB hadir antara lain, Yayat Supriyatna, Jaka Irwanta, dan Fien Mangiri. Serikat Serikat Pekerja AJBB diwakili oleh Rizky Yudha P dan Asosiasi Agen Bumiputera diwakili oleh Islandri serta beberapa pendamping dari masing-masing perwakilan.

https://money.kompas.com/read/2021/03/17/110300526/bentuk-bpa-bumiputera-ojk-pertemukan-manajemen-dengan-pemegang-polis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke