Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuangan BPJS Kesehatan Belum Aman meski Cashflow Surplus Rp 18,7 Triliun

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, meski mencatatkan arus kas surplus, keuangan BPJS Kesehatan belum masuk dalam kategori aman.

Sebab, berdasarkan PP Nomor 84 Tahun 2015, kondisi keuangan BPJS Kesehatan baru dikatakan aman jika aset yang dimiliki bisa mencukupi estimasi pembayaran klaim satu setengah bulan ke depan, yakni sebesar Rp 13,93 triliun.

Sementara saat ini, total aset netto BPJS Kesehatan tercatat masih minus Rp 6,36 triliun.

"Jadi kalau ada aset Rp 13,93 triliun itu baru bisa dikatakan aman, sekarang berapa aset netto? Aset netto per 31 Desember 2020 itu dana jaminan sosial kesehatan masih minus Rp 6,36 triliun," ujar Ali ketika melakukan rapat dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (17/3/2021).

Ia menjelaskan, dana jaminan sosial kesehatan yang masih minus salah satunya karena jumlah klaim yang sudah terjadi namun belum dilaporkan atau incurred but not reported (IBNR) cukup besar.

Ali mengatakan, secara keseluruhan, meski saldo kas tercatat surplus, namun total kewajiban berupa klaim yang masih dalam proses verifikasi mencapai Rp 25,15 triliun.

"Jadi ini yang jarang disebut dan orang tidak tahu. Jadi surplus sekalian tapi kewajiban outstanding dan utang itu Rp 25,15 triliun," kata dia.

"Nah jadi kalau itu antara saldo dan kewajiban dijalankan, dilakukan, maka kita negatif atau defisit Rp 6,36 triliun. Harusnya dalam kondisi normal atau aman itu harus punya netto Rp 13,93 triliun," sambung dia.

Sebelumnya ia sempat memaparkan, BPJS Kesehatan di tahun-tahun sebelumnya mengalami gagal bayar. Artinya, BPJS Kesehatan tidak mampu membayar klaim yang sudah diselesaikan oleh pihak Rumah Sakit.

Bahkan pada tahun 2019 lalu, nilai klaim yang gagal bayar mencapai Rp 15.508 triliun.

"Januari sampai Juni 2020 masih terjadi gagal bayar, kemudian mulai Juli 2020 dan seterusnya tidak terjadi gagal bayar lagi dan kami apresiasi direksi dan seluruh BPJS Kesehatan yang sudah kerja keras sehingga tidak terjadi gagal bayar lagi, ini yang kemudian disampaikan BPJS surplus Rp 18,74 triliun," ucap Ali.

https://money.kompas.com/read/2021/03/17/132843326/keuangan-bpjs-kesehatan-belum-aman-meski-cashflow-surplus-rp-187-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke